Pemerintah Siap Lakukan Intervensi Pasar

by -16 views

Jatinangrku.com – Pemerintah Kab.Sumedang, telah bersiap diri melakukan intervensi pasar, bila terjadi lonjakan harga atas kebutuhan pokok masyarakat (kepokmas) selama Ramadan dan Lebaran.

“Sudah menjadi kewajiban pemerintah, untuk menjaga stabilitas harga barang yang menjadi kebutuhan pokok. Bentuk intervesi yang bisa dilakukan pemerintah dalam mengendalikan harga itu, diantaranya melalui program operasi pasar (OP),” kata Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kab.Sumedang, H.Dicky Rubiana, di ruang kerjanya, Senin (22/6/2015).

Menurutnya, kebijakan itu selalu dilakukan pemerintah pada moment-moment tertentu, seperti hari raya keagamaan. Dimana pada moment tersebut, permintaan masyarakat terhadap sejumlah barang tertentu, mengalami peningkatan.

Misalnya saja, di Bulan Ramadan sekarang, telah terjadi lonjakan harga sejumlah barang yang di luar kewajaran. Seperti yang terjadi pada komoditas bumbu dapur, daging ayam potong, daging sapi dan telur ayam negeri.

Walau begitu, intervensi pemerintah melalui program operasi pasar dengan tujuan untuk mengendalikan lonjakan harga, lanjut Dicky, lajim dilakukan terhadap beberapa komoditas barang saja, seperti beras, minyak goreng, gula pasir, elpiji 3kg.

“Untuk OP beras, biasanya pemerintah bekerja sama dengan pihak Bulog. OP elpiji dengan agen yang tergabung dengan Hiswana Migas (Himpunan Swasta Pengusaha Minyak dan Gas) Kab.Sumedang. Sedangkan untuk komoditas lainnya seperti minyak goreng, gula pasir dan terigu atau barang lainya, biasanya kami selalu bekerja sama dengan pihak swasta,” terangnya.

Sumber : http://www.galamedianews.com/