Pemerintah Tak Punya Data Buruh Tani yang Kehilangan Garapan di Jatigede

by -16 views

 

 

Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan (Distanakan) Pemkab Sumedang belum bisa memberikan bantuan program ke buruh tani asal daerah genangan Bendungan Jatigede. Saat ini ribuan buruh tani asal genangan Jatigede tersebar tanpa memiliki pekerjaan lagi di relokasi Jatigede sekitar bendungan.

Mereka kehilangan lahan garapan yang sekarang berubah menjadi hamparan air bendungan. “Kami belum bisa memberikan program bantuan untuk warga yang asalnya petani karena sampai saat ini belum memiliki data pasti soal pekerjaan warga asal genangan Jatigede yang tinggal direlokasi dan daerah lainnya,” kata Kepala Distanakan, Yosep Suhayat, Senin (16/5/2016).

Menurutnya, saat rapat koordinasi (Rakor) pemerintahan pekan lalu, ia meminta ke para camat untuk mengidentifikasi warga asal genangan yang tinggal ditempat baru wilayahnya. “Camat dan kepala desa harus melakukan pendataan warga lengkap dengan pekerjaannya sehingga ketahuan yang mana saja sebagai petani dan buruh tani,” katanya.

Disebutkan, jika sudah diketahui secara pasti jumlah warga yang menjadi petani dan buruh tani maka sangat banyak program pemerintah yang bisa digulirkan. “Hanya butuh data yang pasti terkait identifikasi warga sebagai petani dan buruh tani,” katanya.

Yosep menyebutkan pihaknya sudah mengajukan permohonan itu namun sampai saat ini belum ada yang menyerahkan data. “Kami akan membuat surat edaran,” katanya.

Menurutnya, pendataan baru bisa dilakukan karena pemerintah harus menunggu arah dan minat warga pindah. “Warga baru pindah setelah air masuk pemukiman dan baru pindah ke tempat yang sekarang. Pemerintah sendiri sibuk membantu evakuasi warga yang pindah dan baru sekarang dilakukan pendataan,” katanya.

Disebutkan program pemerintah seperti pemberian bibit domba sampai ternak ikan lele di halaman rumah. “Program pemerintah banyak tapi harus jelas dulu data penduduk taninya. Bisa pemberan bibit domba dan harus ada ketersediaan rumput untuk pakan ternak sampai ternak ikan lele di halaman rumah,” katanya