Pemindahan Makam Umum di Wilayah Genangan Jatigede Gagal Difasilitasi

by -30 views

Jatinangorku.com – Sebanyak lebih dari 23.800 makam diwilayah genangan Waduk Jatigede, pemindahannya gagal difasilitasi oleh Pemerintah Kab.Sumedang.

Berdasarkan keterangan yang berhasil dihimpun, Rabu (7/10/2015), rencana pemindahan ribuan makam itu sebelumnya sudah pernah disosialisasikan melalui Bidang Kebersihan dan Pertamanan pada Badan Lingkungan Hidup Kab.Sumedang.

“Tidah hanya itu, kami pun sudah menerima dan memerifikasi jumlah data makam yang sudah diserahkan oleh pihak Pemerintahan Kecamatan Jatigede, Darmaraja, Jatinunggal dan Wado,” kata Kepala Bidang Pemakaman dan Pertamanan, H.Ayuh Hidayat.

Bahkan katanya, pihaknya pun sudah melakukan aksi di lapangan dengan melakukan penomoran makam yang sudah diverifikasi. Namun belakangan, pihaknya menerima informasi, jika rencana pemindahan ribuan makam umum itu batal dilaksanakan.

“Kami belum menerima kejelasan soal pembatalan itu. Hanya saja, dari informasi yang diterima dari pihak Satker Jatigede, rencana pemindahan makam tersebut tidak jadi difasilitasi oleh pemerintah. Untuk selanjutnya, pemindahan makam diwilayah genangan menjadi tanggung jawab keluarganya masing-masing,” ujarnya.

Sebelumnya, Ayuh menyebutkan, untuk melakukan pemindahan lebih dari 23.800 makam itu, setidaknya akan membutuhkan anggara milyaran rupiah. Misalnya, untuk pembelian materai saja, sedikitnya butuhkan dana sekitar Rp.500 juta.

“Semula direncanakan, seluruh pembiayaan untuk pemindahan akan menggunakan data tak terduga (DTT). Ya, sebagai pelaksana teknis, tentunya kami akan menunggu informasi lanjut dari pihak Satker Jatigede,” katanya.

Sumber : http://www.galamedianews.com/