Pemkab Antisipasi Konflik Penggenangan Waduk Jatigede

by -28 views

Jatinangorku.com – Menyusul rencana penggenangan Waduk Jatigede, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang memandang penting untuk dilakukanya antisipasi pengamanan terhadap berbagai permasalahan yang berpotensi mengganggu keamanan dan terjadinya konflik di tengah masyarakat.

“Ada beberapa isu yang berpotensi menimbulkan konflik di Kab.Sumedang. Yaitu penggenangan Waduk Jatigede yang direncanakan Pemerintah Pusat dalam waktu dekat ini, serta isu revitalisasi pasar dan penertiban PKL,” kata Wakil Bupati Sumedang, H.Eka Setiawan, dalam Rapat Koordinasi Tim Terpadu Penanganan Gangguan Keamanan, bertempat di Ruang Cakrabuana Gedung Pusat Pemerintahan Kabupaten Sumedang, Kamis (30/7/2015).

Namun untuk sementara, warga OTD (orang terkena dampak) pembangunan Waduk Jatigede, kini bisa bernafas. Hal itu, menyusul penundaan rencana penggenangan, yang semula dijadwalkan dilaksanakan awal Agustus. Kepastian itu, disampaikan oleh Asisten Pembangunan Setda Kab.Sumedang, Dede Hermasyah.

“Kami mendapatkan laporan dari Satker Jatigede, rencana penggenangan pada tanggal 1 Agustus 2015 tidak jadi dilaksanakan. Hal itu mengingat, masih banyaknya permasalahan yang belum selesai. Utamanya yang menyangkut proses pembayaran. Sampai saat ini, dari 9.500 lebih KK yang ada, baru sekitar 3.400-an KK yang sudah selesai proses pembayarannya,” kata Dede

Sumber : http://www.galamedianews.com/