Pemkab Gulirkan Program “Sumedang Caang”

by -45 views

Pemkab Gulirkan Program “Sumedang Caang”

Jatinangorku.com – Pemerintah Kabupaten Sumedang saat ini tengah menggulirkan program “Sumedang Caang”. Guna mendukung program itu, di sepanjang jalan protokol dan jalan penghubung, serta 26 wilayah kecamatan yang ada di Kab. Sumedang akan ditambah dengan pemasangan penerangan jalan umum (PJU) yang baru dan lampu hias.

Berdasarkan keterangan yang berhasil dihimpun “GM”, Senin (23/6), ditargetkan di setiap kecamatan terpasang 200 PJU dan penerangan lampu hias. “Untuk langkah awal, pada ta­hun ini kita akan menambah PJU, me­masang lampu hias dan taman. Di sam­ping itu, pada jembatan dan median jalan serta jalur hijau juga akan kita buat caang (terang benderang),” kata Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Sumedang, Surrys Laksana Putra, di ruang kerjanya.

Dalam realisasinya, program Sume­dang Caang harus bisa dinikmati seluruh masyarakat. Oleh sebab itu, program tersebut akan dilakukan secara menyelusuh mulai dari pusat kota sampai ke pelosok-pelosok. “Kita akan buat Sumedang terang benderang di malam hari. Secara teknis, pemasang­an fasilitas penerangan itu tentunya akan disesuaikan dengan kapasitas dan kondisi wilayah masing-masing. Apalagi setiap wilayah kecamatan yang satu dengan lainnya sangat berbeda. Artinya, di lapangan harus ada penyesuaian,” sambung Surrys.

Rencana ke depan semua PJU jenis konvensional akan diganti dengan tipe LED yang lebih hemat energi sampai 50 persen. Target pemasangan PJU dan lampu penerangan lainnya akan ditingkatkan dari 250 titik lampu per tahun menjadi 600 titik.

Sementara itu, tahun ini sudah me­ma­sang penerangan berupa lampu so­rot di beberapa titik kota yang dileng­kapi dengan pembuatan papan informasi elektronik. Fungsinya untuk me­nayangkan informasi yang berguna bagi masyarakat.

Sejumlah PJU di jalan protokol mulai kawasan Polres Sumedang sampai Bundaran Alamsari sudah ditambah. “Jadi kalau keluar malam hari, kita bisa melihat suasana berbeda. Bahkan dengan sistem penerangan yang me­ma­dai, kita bisa merasakan Kota Su­medang, layaknya kota besar di daerah lain,” ujarnya.

Pihaknya optimistis program Sume­dang Caang bisa berjalan sesuai rencana. Selain itu, pihaknya berharap, program tersebut, dapat bersinergi de­ngan program SOPD.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/