Pemkab Sumedang Beri Kadeudeuh untuk Calon Haji

by -19 views

Pemkab Sumedang Beri Kadeudeuh untuk Calon Haji

Jatinangorku.com – Pemkab Sumedang menunjukkan kadeudeuhnya bagi 674 calon haji asal Sumedang yang akan berangkat tahun ini.

Kadeudeuh itu diberikan dalam bentuk pakaian muslim, bukan uang seperti tahun-tahun sebelumnya. Jika dinilai dengan uang, pakaian ini seharga Rp200.000. Nilai yang sama hampir setiap tahun yang diberikan pemkab bagi calon haji.

“Kami memberikan pakaian muslim sebagai bentuk kadeudeuh, karena memang ada anggaran dari APBD uang bantuan bagi calon haji Sumedang, nilainya sekitar Rp200.000,” kata Kabag Sosial Setda Agus Suherman, Kamis (26/6/2014).

Bantuan untuk calon haji juga berupa biaya perjalanan jamaah ketika hendak menuju bandara dan sepulang dari bandara. Biaya ini biasanya dibebankan kepada calon haji yang dipungut oleh KBIH.

Beberapa tahun belakangan, Pemkab Sumedang memang menghentikan sejumlah biaya yang dipungut KBIH dari calon haji yang ditentukan di luar Ongkos Naik Haji (ONH). Biaya ini ditetapkan tanpa ada kesepakatan dengan calon haji dengan jumlah tidak wajar, dan seolah menjadi pungutan liar.

Namun, karena adanya permintaan penertiban biaya di luar ONH yang disampaikan melalui aspirasi dewan, pemkab mulai menertibkan manajemen KBIH.

Sumber : http://www.inilahkoran.com/