Pemkab Sumedang Gelar Operasi Pasar Murah Masyarakat Serbu 3.000 Paket Kepokmas

by -11 views

Pemkab Sumedang Gelar Operasi Pasar Murah Masyarakat Serbu 3.000 Paket Kepokmas

Jatinangorku.com – Masyarakat kurang mampu yang ada di wilayah Kec. Sume­dang Selatan Kab. Sumedang, menyerbu Operasi Pasar Murah (OPM) yang digelar di halaman kantor kecamatan, Selasa (22/7). OPM dengan menjual kebutuhan pokok masyarakat (kepokmas) tersebut, dibuka langsung Bupati Sumedang, Drs. H. Ade Irawan, M.Si.

Pada kegiatan itu, panitia me­nye­diakan sebanyak 3.000 paket kepokmas yang habis terjual dalam beberapa jam. Isi dalam paket terdiri dari minyak goreng, gula pasir, beras, dan sejumlah barang kebutuhan pokok lainnya. Semua barang yang dijual, ber­kualitas bagus dengan nilai harga Rp 131.000/paket. Tapi paket itu dijual kepada masyarakat Rp 64.000.

Sebelum OPM digelar, bupati memberikan 30 paket kepokmas pada 30 orang pertama yang datang di lokasi kegiatan, sebagai apresiasi karena datang tepat waktu.

“Tadi sebelum ke sini, saya ditelepon oleh protokol bahwa belum pada siap. Padahal ‘kan waktunya sebentar lagi dimulai. Nah, sebagai penghargaan, saya kasih 30 paket gratis kepada masyarakat datang yang paling duluan,” ujar Ade.

Kendalikan harga

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadispeindag), H. Asep Sudrajat mengatakan, kegiatan OPM tersebut pada dasarnya merupakan program pemerintah untuk membantu mengendalikan harga agar tidak melonjak.

“Maksud dari kegiatan yakni untuk membantu warga dalam pe­nyediaan bahan kebutuhan pokok dengan harga murah. Sedangkan sasaran kegiatan adalah masya­rakat kurang mampu di tiap kelurahan yang telah didata sebelumnya. Jadi kami yakin kegiatan ini tepat sasaran,” ujarnya.

Asep juga menjelaskan untuk menutupi selisih harga yang dijual pada harga, itu berasal dari anggaran subsidi pemerintah. “Kami sangat berharap kegiatan pasar murah ini, secara langsung bisa membantu masyarakat, khususnya bagi mereka yang kurang mampu. Selain itu, tentunya operasi pasar ini diharapkan da pat menekan terjadinya lonjakan harga kebutuhan bahan pokok,” katanya

Sementara itu, Yayah (45), warga Kel. Pasanggrahan mengaku se­nang dengan kegiatan OPM. Karena selain harganya relatif murah, juga kepokmas yang dijual berkualitas bagus. “Operasi pasar murah ini, sangat membantu, terutama bagi yang kurang mampu, seperti saya ini,” ujarnya.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/