Pemkab Sumedang Lepas Tangan Sabusu Diambil Alih Swasta

by -141 views

Pemkab Sumedang Lepas Tangan Sabusu Diambil Alih Swasta

Jatinangorku.com – Saung Budaya Sunda (Sabusu) di Jln. Ir Soekarno, Jatinangor, yang semula disediakan sebagai padepokan seni budaya dan dikelola pemerintah, kini diambil alih pihak swasta. Pemerintah Kabupaten Sumedang mengaku sudah lepas tangan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sumedang, H. Zaenal Alimin mengatakan, sejak pengelolaan diambil alih pihak swasta, tidak pernah ada pemasukan ke kas daerah. Bahkan status hak guna pakai atau sewa bangunannya pun dipertanyakan, apakah masih berlaku atau tidak, sampai saat ini tak jelas.

“Kami sedang bahas masalah itu. Sebab, banyak pihak yang menanyakan terkait status Sabusu. Memang secara hukum tanahnya milik Pemprov Jabar, bangunannya milik Pemkab Sumedang. Jadi, mungkin kami akan serahkan ke Pemprov Jabar,” kata Zaenal di kantor Kecamatan Jatinangor, baru-baru ini.

Karena status dan kepemilikan Sabusu tidak jelas, lanjut Zaenal, Pemkab Sumedang sempat memanggil pengelola melalui Disbudparpora Sumedang. Namun, sudah dua kali dipanggil pengelola tak juga datang.

Padahal, katanya Zaenal, fungsi bangunan tersebut akan membantu pendapatan asli daerah dari bidang pajak dan pariwisata. Karena saat ini pengelolaannya tak jelas, pemasukannya pun tak pernah sampai ke Pemkab Sumedang.

“Ini masih dalam proses administrasi. Apakah akan tukar guling dengan pemkab atau tidak. Karena tanah itu milik Pemprov Jabar dan bangunannya milik Pemkab Sumedang, jadi akan ditukar guling dengan tanah milik pemprov yang akan dihibahkan ke pemkab,” terangnya.

Tukar guling

Zaenal mengungkapkan, secara administrasi sudah disepakati Pemprov Jabar akan menukar guling bangunan Sabusu dengan tanah milik pemprov. Sehingga penataan dan pengelolaan Sabusu akan diserahkan kepada Pemprov Jabar.

“Kami tahu pendapatan dari Sabusu bisa mencapai Rp 100 juta/tahun. Saat ini hanya masuk Rp 20 juta/tahun ke Pemkab Sumedang. Sementara hasil temuan BPK, ada kios yang ditarif Rp 30 juta/bulan,” jelasnya.

Sehingga, tambah Zaenal, Pemkab Sumedang sepenuhnya menyerahkan ke Pemprov Jabar untuk pengelolaan Sabusu selanjutnya. Namun pihaknya menyebut ada salah satu ruangan di Sabusu yang akan dijadikan kantor Samsat Online Polres Sumedang.

“Jadi, kantor Samsat yang ada di RM Suharti Desa Hegarmanah akan pindah ke Sabusu,” jelasnya.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/