Pemkab Sumedang Pangkas Honorarium Pegawai

by -20 views

Jatinangorku.com – Pemkab Sumedang menghemat anggaran. Salah satu caranya dengan memangkas honorarium pegawai.

Upaya ini dilakukan sesuai arahan BPK untuk melakukan penghematan anggaran setelah melihat laporan keuangan pemkab yang boros dari segi honorarium pegawai karena banyak duplikasi honor.

“Pemkab akan menghemat honararium sesuai peraturan bupati tentang standar harga. Mulai saat ini bupati melarang adanya duplikasi honor,” kata Sekretaris Dinas Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Sumedang, Nasam, Senin (1/9/2014).

Nasam menjelaskan, penghematan dilakukan September ini. Seluruh instansi tidak akan ada lagi duplikasi honor. Biasanya, dalam satu kegiatan selalu dianggarkan dua honor yakni untuk orang per kegiatan (OK) dan orang per bulan (OB). Mulai sekarang, Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) tidak diperbolehkan menganggarkan keduanya.

“Jadi bukan honornya yang tidak akan cair, tapi mulai sekarang setiap SOPD harus memilih mana yang akan diambil, apakah mau mengambil OK atau OB. Mereka harus pilih satu, sebab DPPKAD hanya akan mengakomodir satu ajuan tidak bisa dua-duanya. Kalau misalkan pilih OB, berarti ajuan yang OK tidak akan dicairkan, begitupun sebaliknya,” jelas Nasam saat dikonfirmasi terkait adanya isu honor kegiatan yang tidak akan cair mulai September sampai Desember mendatang.

Pengajuan perubahan itu, tambah Nasam, kemungkinan akan diberlakukan pada perubahan anggaran. Jika ajuan ini diakomodir, DPPKAD akan langsung memberlakukan upaya penghematan tersebut

Sumber : http://www.inilahkoran.com/