Pemkab Sumedang Perluas Areal Tanam Jagung 5.500 Ha

by -111 views

Jatinangorku.com – Guna mendukung kedaulatan pangan nasional, Pemerintah Kab.Sumedang, tahun telah memprogramkan perluasan areal tanam jagung seluas 5.500 hektar. Berdasarkan keterangan yang berhasil dihimpun galamedianews.com, Selasa (12/5/2015) perluasan areal tanam seluas itu, tersebar di wilayah Kecamatan Cibugel, Tanjungkerta, Tanjungmedar, Wado, Jatinunggal, Cimanggung dan beberapa kecamatan lainnya yang berpotensi untuk pengembangan komoditas jagung.

“Selama ini, sentra produksi jangung, hanya terkonsentrasi dibeberapa wilayah kecamatan, seperti di Kecamatan Cibugel, Tanjungkerta dan Tanjungmedar. Tapi melalui, kebijakan kedaulatan pangan nasional, Pemerintah Daerah berusaha untuk melakukan perluasan areal, di sejumlah wilayah kecamatan. Dan pada tahun ini, aka nada perluasan areal tanam seluas 5.500 hektar,” kata Kepala Dinas Pertanian Peternakan dan Perikanan Kab.Sumedang, Yosep Suhayat.

Dengan adanya perluasan areal tanam itu, diharapkan Kab.Sumedang, mampu memberikan kontribusi produksi 81 pipilan kering jagung. Hasil tersebut, didapat dari sasaran panen seluas lebih kurang 13.000 hektar.

“Kabupaten Sumedang, memiliki potensi yang cukup besar untuk pengembangan komoditas jagung. Hal itu, mengingat masyarakat sudah terbiasa menanam jagung, yang dilakukan secara turun-temurun. Hal ini, tentunya menjadi energi positif bagi pemerintah dalam mendukung dan menyukseskan kebijakan Pemerintah Pusat tentang kedaulatan pangan nasional,” katanya.

Sumber : http://www.galamedianews.com/