Pemkab Sumedang Serahkan Pengelolaan Akper ke UPI

by -92 views

Pemkab Sumedang Serahkan Pengelolaan Akper ke UPIPEMERINTAH Kab. Sumedang melepas pengelolaan Akper (akademi perawat) kepada UniversitaS Pendidikan Indonesia (UPI). 

Pelepasan itu, disertai  dengan penyerahan personal, pendanaan, sarana prasarana dan dokumen (P3D), serta penandatanganan berita acara serah terima (BAST) Akper yang dilakukan Bupati Sumedang, H.Eka Setiawan kepada Rektor UPI, Prof.Dr.H.R.Asep Kadarohman, bertempat d Kampus Akper, Cimalaka Kab.Sumedang, Selasa (19/9/2017).

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua DPRD Kab. Sumedang, Irwansyah Putra beserta unsur Forkopimda, unsur SKPD, pihak Kemenristekdikti, Sekretaris Majelis Wali Amanat  UPI, Ketua dan sekretaris Senat Akademi UPI, Dewan Guru Besar UPI, para pimpinan Fakultas, Sekolah Pascasarjana, Lembaga, Pimpinan unti kerja dilingkungan UPI serta tamu undangan lainnya.

Bupati Sumedang H.Eka Setiawan, mengatakan, penandatanganan BAST merupakan kelanjutan dari ditandatanganinya Nota Kesepahaman, antara Pemkab Sumedang dengan UPI, pada 8 Juni 2017, Tentang Penyatuan Program Studi Keperawatan pada Akademi Keperawatan Kab. Sumedang ke UPI.

PEnyatuan Akper dengan UPI merupakan amanat Umdang-undang Nomor 23 Tahun 2014 yang menyatakan,  Pengelolaan  Pendidikan Tinggi merupakan kewenangan Pemerintah Pusat.

Proses serah terima akhirnya dapat kita laksanakan. Momentum ini tentunya mejadi peristiwa bersejarah untuk Sumedang. Karena selama 20 tahun ini, Pemkab Sumedang telah membangun sekaligus mengelola Akper dengan berbagai dinamika yang ada.

Dengan adanya penyatuan kedua lembaga pendidikan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan peran serta perguruan tinggi, dalam mempercepat serta meningkatkan proses pembangunan di Kabupaten Sumedang. 

“Saya merasa berbahagia melepaskan salah satu lembaga pendidikan di Kabupaten Sumedang kepada pihak yang tepat. Karena saya yakin, UPI merupakan pihak yang jauh lebih berpengalaman dalam mengelola pendidikan sehingga kedepannya bisa menghasilkan lulusan terbaik, yang dapat berkontribusi untuk memajukan Sumedang,” katanya.

Sumber : http://www.galamedianews.com