Pemohon e-KTP di Sumedang Membludak

by -45 views

Jatinangorku.com – Pemohon e-KTP yang datang ke Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcasip) Kab.Sumedang, terus membludak. Setiap hari, tidak kurang dari 100 warga yang datang ke kantor tersebut.

“Seperti yang terlihat, di loket pendaftaran penduduk. Warga, berdesakan mengantri untuk mengajukan permohonan e-KTP,” kata Kepala Disdukcasip Kab.Sumedag, Nana Sutisna didamping Kepala Bidang Pendaftaran Pendudukan, Aripin, di ruang kerjanya, Senin (27/4/2015).

Menurutnya, tingginya pemohon e-KTP, tidak sebanding dengan persediaan blanko e-KTP, yang jumlah kian menipis. Bahkan, stoknya diperkirakan hanya cukup untuk dua bulan ke depan.

“Persediaan blanko e-KTP, tergantung pasokan dari Pusat. Karena itu, kami tidak bisa memastikan, kapan akan ada kiriman lagi. Sementara, stok blanko e-KTP yang masih tersisa, diperkirakan hanya cukup untuk dua bulan ke depan,” katanya.

Menyikapi hal itu, pihaknya terpaksa mengambil kebijakan, dengan memprioritaskan pemohon e-KTP pemula. Pemohon e-KTP pemula, pada umumnya dilakukan oleh mereka yang baru lulus SLA (sekolah lanjutan atas). Mereka membutuhkan e-KTP, untuk melengkapi persyaratan masuk kuliah atau melamar pekerjaan.

“Dengan tidak mengesampingkan, kepentingan warga lainnya, namun kepemilikan e-KTP bagi pemula dinilai lebih dibutuhkan oleh mereka. Baik itu, untuk melengkapi persyaratan masuk kuliah atau melamar pekerjaan. Oleh sebab itu, melihat stok blanko e-KTP, yang kian menipis, maka proses pembuatan e-KTP itu, diprioritaskan bagi pemohon pemula,” terangnya.

Sumber : http://www.galamedianews.com/