Pemprov Jabar Akan Cek Tanah Yang Dihibahkan ke Lembaga Pendidikan di Jatinangor

by -97 views

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat akan melakukan pengecekan terhadap tanah yang dihibahkan kepada lembaga pendidikan di Jatinangor. Pengecekan ini dilakukan, menyusul adanya ahli waris yang menagih hak tanah perkebunan Jatinangor.

Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar mengatakan, pihaknya akan melakukan pengecekan Badan Pertanahan Nasional (BPN) terkait kepemilikannya sah dari tanah yang di hibahkan tersebut.

Pihaknya tidak bisa langsung memutuskan, tanah tersebut miliki ahli waris atau milik Pemprov Jabar.

“Kalau memang pemerintah berjanji akan memberikan hak mereka, maka harus dicek dulu dari awal perjanjiannya seperti apa,” katanya, Rabu (19/10/2016).

Menurutnya, pemerintah tidak bisa begitu saja memberikan hak kepada ahli waris. Tapi, harus sesuai dengan aturan dan prosedur yang berlaku.

“Nanti kita harus liat dulu terkait kepemilikan tanah yang dihibahkan ini sudah selesai atau belum,” ujarnya.

Sebelumnya di kabarkan, sejumlah ahli waris eks Perkebunan Jatinangor yang dihibahkan ke lembaga pendidikan seperti IPDN, Unpad, Unwim, ITB, dan Ikopin merasa belum menerima haknya sebagai pengganti tanah yang dihibahkan oleh Pemprov Jabar.

Hingga saat ini ahli waris masih mesra tanah yang di hibahkan adalah tanah milik mereka dan bukan milik Pemprov Jabar.

“Kami sebagai ahli waris ingin menyelesaikan permasalahan ini dengan duduk bersama para pihak terkait, dan menata kembali menjadi kawasan pendidikan tetapi tidak mengabaikan hak kami sebagai ahli waris,” kata salah satu ahli waris tanah eks Perkebunan Jatinangor, Roni Riswara.