Pemprov Jabar : Pembebasan Lahan Tiga Sungai Rampung Tahun Depan

by -78 views
Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum telah membebaskan lahan seluas 53 hektare di sekitar bantaran Sungai Cikijing, Cimande, Citarum hulu sejak awal tahun 2017.
Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa mengatakan proyeksi pembebasan lahan tersebut diperkirakan tuntas pada tahun 2018.
“Proses penuntasan banjir yang dilakukan BBWS Citarum dan pemerintah daerah bertumpu pada penanganan struktural,” kata Iwa ditemui di Bandung, Rabu (22/3/2017).
Pemerintah Provinsi Jawa Barat berharap rehabilitasi sungai di wilayah tersebut yang tengah dilakukan diharapkan bisa mencegah air turun ke jalan.
Iwa menjelaskan, untuk pembebasan lahan di sekitar tiga sungai tersebut BBWS Citarum sudah mengalokasikan anggaran dana sebesar Rp 220 miliar dari APBN. Selanjutnya akan dilakukan pembangunan konstruksi di Sungai Cikijing, Citarik, Cimande, dan Cikeruh.
Upaya ini berbarengan dengan revitalisasi Sungai Cikijing yang juga tengah dilakukan PT Kahatex. Dari mulai membongkar bangunan ilegal hingga melakukan revitalisasi dengan pengawasan yang dilakukan Kementerian PUPR.
“PUPR membantu perbaikan drainase jalan raya hingga revitalisasi jembatan Cikijing,” ujarnya.
Seluruh upaya ini ditargetkan tuntas pada 2018 mendatang. Pemprov sendiri dalam penanganan ini ikut melakukan pengendalian non struktural lewat penataan tata ruang.
Selain itu Pemkab Sumedang dan Kabupaten Bandung didorong untuk terus membuat sumur imbuhan komunal.
“Kami juga menghimbau warga dan PKL di wilayah tersebut untuk menjaga saluran air dengan tidak membuang sampah ke saluran air,” pungkasnya