Pemprov Jabar Rajut Kerjasama dengan Bashkorkostan Rusia

by -27 views
Pemprov Jabar Rajut Kerjasama dengan Bashkorkostan RusiaPemerintah Provinsi Jawa Barat segera menjalin kerjasama intensif dengan pemerintah Republik Bashkortostan, Rusia.
Kerjasama tersebut ditandai dengan ditandatanganinya naskah Letter of Intens antara pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan Pemerintah Republik Bashkortostan, Rabu (2/8/2017).
Penandatanganan Naskah LOI tersebut ditandatangani langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Kepala republik bashkortostan Rustem Khamitov.
Dalam kunjungan kerja ke Rusia tersebut Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan didampingi oleh beberapa delegasi yang terdiri dari unsur Dinas, Parlemen DPRD Jawa Barat dan lainnya.
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan, kunjungan kerja ini merupakan rangkaian kegiatan untuk meningkatkan kerjasama dengan pemerintah republik bashkorkostan.
Kerjasama tersebut berdasarkan pada potensi beberapa sektor yang mungkin untuk dilakukan kerjasama, yakni sektor ekonomi, baik dalam sektor pertanian, pariwisata, budaya, peternakan, teknologi, pendidikan dan sektor lainnya.
 
“Banyak kesamaan antara bashkorkostan dengan Jawa Barat, baik dari sisi geografi maupun potensi ekonominya,” jelas Gubernur yang biasa disapa Aher dalam rilisnya, Rabu (2/8/2018).‎
Nantinya kata Aher, untuk mengoptimalkan kerjasama ekonomi tersebut, pihaknya berencana membangun sister province dengan Bashkorkostan. ‎
“Kita akan segera menyusun kerjasama, payung besar sister province, di bawah itu kita akan bekerjsama di bidang kebudayaan, pertanian, otomotif, dan lainnya. Kita berminat mengembangkan kerjasama di bidang logam, besi, migas dan petrokimia, kita punya SDM banyak terdidik dan terbanyak, karena penduduk 47,3 juta jiwa,” katanya.
Menurutnya banyak kesamaan antara Jawa Barat dengan Bashkorkostan, baik geografis dan potensi ekonominya maupun lainya. Termasuk juga dari sisi pendidikan.
“Kita siap bekerjasama di bidang pendidikan baik dengan pertukaran siswa, teknologi maupun lainnya,” katanya.
Tidak hanya itu saja, lanjutnya, di sektor pertanian pun banyak kesamaan dengan Jawa Barat.
“Mudah mudahan ke depan bisa ada kerjasama di bidang pertanian dan peternakan, banyak produk yang bisa dikerjasamakan baik susu maupun madu, serta lainnya,” katanya.
Selain itu, kerjasama yang akan dijalin kedua daerah ini diharapkan akan melahirkan dan mendorong kerjasama perdagangan baik untuk Provinsi Jawa Barat, ataupun Bashkortostan