Pemprov Jabar Yakin Menhub Jonan Dukung Monorel

by -84 views

Jatinangorku.com – Pemerintah Provinsi Jawa Barat yakin Menteri Perhubungan (Menhub) baru, Ignatus Jonan mendukung penuh rencana proyek pembangunan monorel di Bandung Raya. Mereka juga berharap dalam waktu dekat ini ada audiensi dengan Kemenhub.

Asisten Bidang Administrasi Setda Provinsi Jabar Iwa Karniwa akan mencoba meminta audiensi dengan jaringan yang ada untuk menghubungkan antara Pemprov Jabar dengan Menhub yang baru.

“Kami yakin Menhub yang baru yang memiliki latar belakang dari bidang transportasi akan mendukung penuh rencana Monorel Bandung Raya. Kita coba hubungkan dengan jaringan teman-teman untuk audiensi, baik secara formal dan informal,” tutur Iwa kepada wartawan, Kamis (30/10/2014).

Dia mengatakan akan mempersiapkan bahan untuk audiensi nanti. Salah satu bahannya adalah rekomendasi terkait trase. Jadi, ketika bertemu nanti audiensi dilakukan sesuai dengan perencanaan.

“Untuk trase harus ada rekomendasi dari Kementerian Perhubungan. Sementara untuk yang lain lebih kepada dukungan,” kata dia.

Iwa yakin Jonan mempunyai susunan rencana mengenai proyek transportasi. Terlebih, Jawa barat menjadi acuan pembangunan proyek transportasi nasional. Apalagi latar belakang Jonan pernah sukses menangani BUMN transportasi di Indonesia.

“Monorel ini kan untuk mengatasi kemacetan, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, dan masalah transportasi di Bandung Raya bisa teratasi,” jelas dia.

Terkait rencana proyek monorel yang menghubungkan lima kabupaten/kota, Iwa juga optimistis tidak akan ada perubahan. Pasalnya, perencanaan pembangunan tersebut sudah matang sejak jauh hari.

“Meski pemerintahan berganti kepemimpinan, pembangunan monorel tidak ada masalah. Dalam waktu dekat kita akan laporkan ke menteri baru untuk mendapat arahan dan dukungan,” jelasnya.

Proyek monorel sendiri, lanjut Iwa sudah masuk pada tahap finalisasi trase bersama konsultan internasional. Sementara itu dari sisi regulasi yakni Pergub Penataan Transportasi Wilayah dan juga perkeretaapian sudah diselesaikan.

“Untuk monorel ini teman-teman rapat terus setiap dua minggu sekali dalam kaitan beberapa aspek penunjang,” kata dia.

Iwa berharap tidak ada kendala dalam pembangunan monorel. Iwa pun meminta dukungan dan bantuan semua pihak, termasuk media sehingga masyarakat mendapat informasi yang akurat dan bisa membangkitkan semangat Jabar sebagai pelopor pembangunan monorel nasional.

“Kemarin memang ada kendala di mock up monorel karena tidak sesuai dengan desain. Insya Allah Desember desain mock up sudah tuntas,” tutup dia

Sumber : http://www.inilahkoran.com/