Pemuda Desa Dilatih Agar Berdaya Saing

by -27 views

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jawa Barat mengadakan pelatihan bagi para pemuda di pedesaan untuk meningkatkan daya saing sehingga dapat mendongkrak taraf ekonomi mereka.

Kepala Disnakertrans Jabar, Ferry Sofwan Arif mengatakan, bentuk pelatihan yang diberikan kepada para pemuda biasanya berkaitan dengan aspek kebutuhan sehari-hari masyarakat di desa seperti pelatihan memperbaiki kompor, pelatihan servis handphone atau housekeeping bagi daerah yang menjadi tempat wisata.

“Mengapa kami lakukan pelatihan seperti ini, karena supaya mereka bisa langsung mempraktikkannya,” kata Ferri kepada INILAH di Bandung, Senin (10/10/2016).

Ferri melanjutkan, bentuk pelatihan ini ke depannya dapat menjadi usaha mandiri bagi mereka jika ditekuni dengan serius. Hal ini juga dapat menekan angka pengangguran di Jawa Barat yang menyentuh angka 1,7 juta jiwa dari 20,5 angkatan kerja produktif.

Agar jumlah pengangguran di Jawa Barat dapat ditekan sekecil mungkin, sambung Ferri, pihaknya akan terus melakukan pelatihan kepada masyarakat baik di desa atau di perkotaan agar lapangan usaha mandiri dapat terus bertambah.

“Jika masyarakatnya kreatif dan terus melakukan inovasi maka akan terbuka lapangan pekerjaan yang cukup tinggi. Contohnya pelatihan yang diberikan kepada masyarakat yang berada di sekitar Geopark Ciletuh yang dapat memaksimalkan rumahnya menjadi peluang usaha,” pungkas Ferri.