Pemudik Dihimbau Berhati-hati Lalui Titik Lokasi Pasar Tumpah

by -68 views

 

Kepala Bidang Pengelolaan Pasar pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Garut, Ach. Ramdani, menghimbau pada para pemudik yang akan melintasi selatan Jawa Barat, dengan adanya pasar tumpah yang kerap terjadi setiap menjelang lebaran.

Adapun yang kerap menjadai langganan terjadinya pasar tumpah, seperti di pasar Kadungora, Pasar Limbangan, pasar Lewo dan pasar Malangbong. Yang mana kondisi tersebut bisa mengakibatkan kemacetan.

“Kami terus memantau di beberapa titik lokasi pasar tumpah. Yang mana para pedagang sudah mulai brjualan,” ujarnya, Jum’at (1/7/2016).

Menurutnya, para pedagang yang berjualan di pasar tumpah, ternyata sudah menjadi langganan dalam mengais rejeki setiap menjelang hari raya idul fitri. Namun kendati demikian, pihaknya sudah memberikan himbauan para pedagang agar dalam berjualan tidak sampai memakan bahu jalan. Soalnya bisa mengganggu arus lalulintas yang dilalui para pemudik.

“Kami sudah menghimbau pada mereka agar berjualan tidak memakan bahu jalan,” cetusnya.

Berdasarkan pantauan dilapangan, para pedagang yang berjualan di pasar tumpah sudah mulai aktivitisanya sejak H-6 idul fitri. Keberadaan mereka memang banyak dikeluhkan oleh para pemudik. Seperti yang terjadi di pasar tumpah Lewo, Kecamatan Malangbong.

Kondisi pasar tumpah di pasar Lewo, Kecamatan Limbangan, kerap mengganggu kelancaran lalulintas, sehingga menimbulkan kemacetan yang sangat panjang.