Pengamanan Arus Balik Lebaran Diperpanjang Hingga Minggu

by -73 views

 

Pengamanan arus mudik dan balik lebaran 2016 diperpanjang. Jajaran Polres Purwakarta akan bersiaga hingga Minggu (17/7/2016) mendatang.

Alasannya, saat ini masih momen libur sekolah. Dengan begitu, dipastikan jalur mudik atau pun arteri akan kembali ramai dihiasi oleh kendaraan pemudik dan para pelancong.

“Tadinya kan hari Jumat (15/7/2016) esok, tapi sesuai arahan dari Kapolda, kami harus tetap siaga hingga Minggu mendatang,” ujar salah satu Perwira Pengendali (Padal) Lalu Lintas Cikopo dari Polres Purwakarta, AKP Rullyanto Pahroen kepada INILAH, Kamis (14/7/2016).

Pihaknya pun memprediksi, lonjakan kendaraan arus balik akan kembali terjadi hingga akhir pekan ini. Pasalnya, akhir pekan ini merupakan hari terakhir libur sekolah. Sehingga, beberapa jalur akan dihiasi kendaraan pemudik dan mereka yang hendak berwisata.

“Sampai saat ini arus balik kendaraan mengarah Jakarta masih menghiasi ruas Tol Cikopo-Palimanan. Untuk aretri, cukup ramai dihiasi kendaraan para pelancong,” jelas dia.

Terkait arus balik lebaran, dia menambahkan, sebenarnya kendaraan pemudik mengarah ke Jakarta sudah terlihat sejak H+3 dengan menggunakan jalur tol Cipali. Itu pun jumlahnya masih relatif sedikit. Dengan kata lain, belum terlihat ada lonjakan yang signifikan.

Meski sedikit santai dari tahun sebelumnya, dia mengatakan, jajaran akan tetap siaga 24 jam penuh di titik krusial tersebut. Mengingat Cikopo merupakan corong pengatur lalu lintas dari arah Jakarta menuju wilayah timur Pulau Jawa melalui jalur Pantura ataupun sebaliknya.

Jajarannya memprediksi, lonjakan kendaraan pemudik akan terjadi pada Minggu nanti. Meski begitu, lonjakannya tak akan terlalu signifikan. Karena sebagian pemudik telah terlebih dahulu bergerak menuju arah Jakarta