Pengamat: Parpol Cenderung Pentingkan Popularitas Tokoh Ketimbang Kader

by -51 views

Pakar Komunikasi Politik, Adiyana Slamet mengatakan, momentun Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Barat sebagai kontestasi merebut hati rakyat harus dimanfaatkan oleh partai politik (parpol) untuk memajukan kader potensial.

“Momentum ini salah satu perlombaan memberikan informasi publik berupa prospektif policy choice berupa visi misi yang memihak kebutuhan dasar rakyat. Ini harus dimanfaatkan Parpol memajukan kader potensial,” ujar Adiyana kepada Tribun di Kampus Unpad Jatinangor, Senin (3/4).

Namun, Direktur Lingkar Kajian Komunikasi Politik tersebut saat ini justru melihat ada kecenderungan parpol yang hanya mementingkan popularitas calon yang diusungnya.

Padahal, kata Adiyana, hal tersebut tidak sebanding dengan kualitas, kapasitas dan kapabilitas calon yang memiliki popularitas tinggi. Termasuk elektabilitas pada sektoral.

“Tugas Parpol kan menjadikan kadernya untuk bisa memajukan kadernya sendiri dalam kontestasi menduduki kursi Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2018 nanti,” kata dia.

Padahal, kata dia, Parpol memiliki banyak kader potensial yang melalui proses matang dalam membangun partainya secara ideologis. Maka, PilgubJawa Barat harus benar-benar dimanfaatkan untuk proses kaderisasi itu