Pengawasan Jajanan Sekolah Ditingkatkan

by -66 views

Jatinangorku.com – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperidag) Kab. Sumedang, terus meningkatkan pengawasan jajanan anak sekolah. Langkah itu dilakukan, agar jajanan yang dikonsumsi anak-anak sekolah khususnya di tingkat sekolah dasar (SD), terhindar dari berbagai zat kimia yang bisa merusak kesehatan.

“Mengingat personil yang terbatas, maka untuk melakukan pengawasan jajanan pasar itu, kami melibatkan tenaga guru olahraga yang ada dimasing-masing sekolah,” kata Kepala Disperindag Kab. Sumedang, H. Asep Sudrajat, di ruang kerjanya, Kamis (11/12/2014).

Menurutnya, agar hasilnya bisa optimal, sebelumnya seluruh guru olahraga yang ada ditingkat SD, akan dibekali pengetahuan tentang jenis zat kimia berbahaya, yang sering digunakan untuk meracik makanan.

“Zat kimia yang sering digunakan untuk meracik makanan atau khususnya jajanan sekolah, di antaranya zat pewarna sintetic, pengawet dan pemanis buatan.

“Zat kimi tersebut, jika dikonsumsi secara terus menerus, maka jumlahnya akan terakumulasi hingga bisa berakibat vatal buat kesehatan. Oleh sebab itu, diperlukan pengawasan yang berkesinambungan, supaya jajanan sekolah itu layak konsumsi,” katanya.

Sumber : http://www.galamedianews.com/