Pengecoran Jalan Dipertanyakan Wakil Rakyat

by -12 views

Pengecoran Jalan Dipertanyakan Wakil Rakyat

Jatinangorku.com – Anggota DPRD Kab. Bandung sebagai pemantau dan pengawas berbagai pembangunan, mempertanyakan spesifikasi dan kualitas pengecoran Jalan Raya Rancaekek-Majalaya di Kec. Solokanjeruk, Kab. Bandung.

“Apakah pengecoran jalan harus seperti itu? Soalnya tonase truk yang melintas di jalan itu lebih dari 20 ton,” kata anggota DPRD Kab. Bandung, H. Daud Burhanudin kepada “GM”, di sela-sela memantau pembangunan jalan tersebut, Rabu (28/8).

Setelah melihat pengecoran jalan tersebut, Daud berkoordinasi dengan sejumlah LSM, aparat desa, dan kecamatan yang ada di jalur tersebut untuk mengawasi pembangunan jalan.

Menurut Daud, kekuatan Jalan Raya Rancaekek-Majalaya tidak lebih dari 12 ton. Sementara tonase kendaraan yang melintas lebih dari itu. “Kami mengetahui kondisi pembangunan seperti itu setelah melihat ke lokasi,” katanya.

Daud khawatir jalan tidak akan bertahan lama bila terus-menerus dilintasi truk bertonase puluhan ton. Apalagi, adukan semen yang digunakan dalam pengecoran itu bukan untuk menanggung kendaraan yang bertonase puluhan ton.

“Patut dipertanyakan mengapa pengerjaannya seperti ini. Kita juga mempertanyakan spek pembangunan jalan ini dan buat kendaraan bertonase berapa ton. Apa memang pengerjaannya harus seperti ini?” katanya.

Ia sangat tidak berharap pembangunan jalan dilakukan dengan main-main. “Perhatikan kualitas. Kalau kita tak peduli, jalan bisa cepat rusak,” tukasnya.

Menurutnya, bila pembetonan jalan kurang memperhatikan kualitas, sama dengan menghamburkan biaya yang dikeluarkan APBD dan tenaga kerja. Apalagi jalan itu berstatus jalan kabupaten.

“Untuk meningkatkan kualitas pembangunan jalan, kita sebagai warga harus mengkritisinya. Jadi kalau pembangunan jalan kurang bagus, kudu digeunggeureuhkeun,” katanya.

Ia meminta warga setempat kritis dan cerewet. “Kalau kita tak cerewet, pembangunan jalan tak akan beres. Apakah kita akan membiarkannya? Jadi kita harus memiliki inisiatif sendiri,” katanya.

Sumber : http://klik-galamedia.com