Pengembangan Jaringan Irigasi Guna Mendukung Tanaman Pangan

by -31 views

Jatinangorku.com – Pembangunan Pengembangan Jaringan Irigasi (PJI) untuk mendukung tanaman pangan di Kabupaten Sumedang segera dimulai. Hal ini ditandai dengan pelatakan batu pertama oleh Sekretaris Daerah Drs. H. Zaenal Alimin, MM yang dipusatkan di Blok Pandanwangi Desa Cipandanwangi Kecamatan Cisarua,Selasa (20/1/2015).

Kegiatan tersebut merupakan tugas pembantuan Ditjen Sarana dan Prasarana Pertanian pada Kementerian Pertanian RI Tahun Anggaran 2015 yang dicanangkan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia di hari yang sama oleh Presiden Joko Widodo di Provinsi Kalimantan Barat. Sedangkan pencanangan di Jawa Barat diimpin oleh menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman yang dipusatkan di Kabupaten Kuningan.

Di Kabupaten Sumedang sendiri melibatkan 53 gabungan kelompok tani (Gapoktan) yang tersebar di 26 kecamatan dengan lahan pertanian yang diairi seluas 1.550 hektar. Bantuan tersebut senilai Rp. 1 juta per hektar ditambah swadaya masyarakat. Sedangkan panjang jaringan irigasi yang diperbaiki berkisar antara 200 – 300 hektar per kelompok.

Sekda Drs H Zaenal Alimin, MM menyatakan, permasalahan krusial yang dihadapi Kabupaten Sumedang adalah berkurangnya luas lahan pertanian sebanyak 1.500 hektar akibat pembangunan Waduk Jatigede dan 750 hektar akibat tol Cisumdawu.

“Artinya akan hilang produksi padi  42 ribu ton per tahun dan akan semakin berkurang akibat pembangunan lainnya. Selain itu, menurunnya kualitas irigasi sebagai dampak kerusakan jaringan irigasi turut mengurangi produksi,” ujarnya.

Oleh karena itu, bantuan sosial dari Kementerian Pertanian RI senilai Rp. 1,5 miliar tersebut dipandang tepat oleh Bupati dalam rangka penyediaan dan perbaikan jaringan irigasi di Kabupaten Sumedang. Para kelompok tani yang memperoleh bantuan tersebut sudah melalui tahapan verifikasi CPCL sehingga dipandang tepat dan mampu mengelola dana bantuan dan melaksanakan kegiatannya dengan penuh tanggung jawab.

Sumber : http://www.galamedianews.com/