Pengisian Waduk Jatigede Capai Kata Sepakat

by

Pengisian Waduk Jatigede Capai Kata Sepakat

Jatinangorku.com – Pengisian waduk Jatigede yang terletak di Kab. Sumedang direncanakan dimulai pada akhir tahun 2013. Pengisian waduk akan dilakukan dalam beberapa tahap.

Menteri Pekerjaan Umum RI Doko Kirwanto menyatakan saat ini proses negosiasi dengan penduduk yang daerahnya akan digenangi, sudah mencapai kata sepakat. “Rupanya, selama ini kami bernegosiasi dengan organisasi yang salah. Tapi setelah kemarin melakukan pembicaraan dengan para kuwu (kepala kampung), telah diambil kesepakatan. Dan melalui pembicaraan tersebut, pemerintah juga menyanggupi tawaran yang diajukan masyarakat terkait pembebasan lahannya,” katanya saat ditemui di Aula Barat ITB, Selasa (19/11/2013).

Menurut Djoko, kontruksi waduk masih sangat stabil sehingga tidak menjadi masalah meski hingga saat ini belum diisi. Lebih lanjutnya, ia menjelaskan jika secara teknis progres pembangunan waduk Jatigede sudah sesuai dengan kontraknya. Hanya dalam hal pengisian, kerap terkendala dengan masyarakat yang wilayahnya akan digenangi.

Ia menegaskan jika pembangunan waduk ini adalah proyek besar Kementerian PU karena Jatigede merupakan waduk kedua terbesar di Indonesia setelah Jatiluhur. “Seyogyanya saat dibuka Februari tahun depan, waduk sudah ada yang diisi. Tapi saya rasa, akhir tahun ini sudah mulai,” katanya

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com