Pengungsi Banjir Bandang Sungai Citarik di Cimanggung Kini Tak Lagi di Tenda

by -38 views

 

Korban banjir bandang Selasa (12/4/2016) lalu akibat luapan air dari Sungai Citarik di Dusun Gunung Tanjung, Desa Sindang Pakuon, Kabupaten Sumedang kini sudah tak lagi berada di tenda pengungsian.

Sejak status tanggap darurat (STD) berakhir pada Selasa (26/4/2016) kemarin, sebagian para pengungsi kembali ke rumahnya masing-masing dan sebagian berada di dua ruko yang disewa oleh Pemkab Sumedang di Perumahan Gandara Asri Pakuon, Kecamatan Cimanggung.

Ketua RT 03/04, Yadiman mengatakan, warga yang kembali ke rumahnya masing-masing adalah korban banjir yanh masih bisa memanfaatkan kondisi rumahnya untuk ditempati kembali.

“Jadi yang rumahnya benar-benar rusak dan rata dengan tanah ada di ruko. Yanh kembali ke rumah hanya yang rumahnya maish bisa ditempati walau pun memang udah rusak,” ujar Yadiman kepada Tribun, Rabu (27/4/2016).

Meski begitu, untuk kebutuhan sehari-hari warga kini tak lagi memanfaatkan bantuan dari Pemkab Sumedang. Pasalnya, setelah masa STD berakhir pemerintah sudah tak lagi mengirim bantuan.

Warga mendapat bantuan dari sumbangan-sumbangan pribadi dari benerapa pihak dan perusahaan. Bantuan tersebut beipa mie instan dan pakaian layak pakai.

“Sudah enggak ada bantuan. Bantuan buat perbaikan rumah juga enggak turun-turun sampai sekarang. Bantuannya paling sewa ruko itu aja,” katanya