Pengunjung Pasar Kaget Loji Jatinangor Menurun

by -150 views



 

JATINANGOR (GM) – Meski para pedagang Pasar Loji yang biasa berjualan di halaman kampus ITB Jatinangor, Kab. Sumedang, sudah pindah ke lahan kosong, mulai pintu masuk kampus Unpad hingga Bumi Perkemahan Kiarapayung, namun para pengunjung kini menurun.

Pantauan “GM”, Minggu (6/5), Paguyuban Warga Jatingor (PWJ) yang mengelola pasar terus melakukan penataan. Hasilnya, para pedagang kini lebih tertib, meski pengunjung terbilang menurun.

Salah seorang pengunjung, Dani (36), warga Cileunyi mengatakan, pengunjung enggan berjalan kaki untuk jarak yang cukup jauh. “Para pengunjung sekarang menggunakan kendaraan. Namun, kesulitan untuk parkir,” katanya.

Menurut Dani, pengunjung pun kini tidak leluasa memilih barang karena lalu lalang kendaraan. “Jangankan untuk santai, memilih barang saja tidak nyaman karena banyak kendaraan yang lewat,” katanya.

Hal senada disampaikan salah seorang pedagang es cendol, Endang (41). “Berkurangnya pengunjung kemungkinan karena jaraknya cukup jauh. Selain itu, kami berjualan di sini mulai pukul 09.00 WIB, namun tidak kebagian tempat. Makanya, kita menunggu pedagang lainnya bubar,” katanya.

Sementara koordinator pedagang Pasar Loji, Karna Sukma, S.Pd. saat dikonfirmasi membenarkan, pengunjung tidak seramai sebelumnya. Namun para pengurus tetap terus berupaya agar lokasi ini menjadi daya tarik tersendiri. “Kita terus berupaya agar lokasi ini menarik,” katanya.

Pihaknya juga meminta perhatian semua pihak untuk turut serta memikirkan penanganan pedagang. “Pedagang merupakan aset yang tidak bisa dihilangkan begitu saja, terutama jika ingin menjadi kawasan wisata,” katanya.

Sedangkan hasil pendataan, kini ada 900 orang pedagang. Sebelumnya saat masih berjualan di halaman kampus ITB ada 1.300 pedagang.

 

Sumber : klik-galamedia