Pengusaha Jabar Tuntut Bunga Ringan

by -93 views

Jatinangorku.com – Kalangan pengusaha di Jawa Barat yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) meminta kepada kalangan perbankan untuk memberikan bunga ringan. Hal ini dinilai sangat penting agar pengusaha dapat meningkatkan daya saing.

Ketua Kadin Jabar Agung Suryamal Sutisno mengatakan saat ini pengusaha dihadapkan dengan tantangan bunga tinggi. Terlebih setelah BI menaikan suku bunga acuan atau BI Rate menjadi 7,75% sehingga mendorong perbankan menaikan suku bunga pinjaman.

“Bunga tinggi sangat memberatkan pengusaha, sebaiknya bunga diturunkan,” ujarnya kepada wartawan, Senin (29/12/2014).

Dia menjelaskan, pengusaha sedang membidik proyek infrastruktur. Hal ini karena pemerintah baru gencar melakukan pembangunan infrastruktur.

Namun demikian, bidikan proyek infrastruktur tersebut dihadapkan tantangan berat karena bungan pinjaman bank terbilang sangat tinggi. Kondisi tersebut membuat margin keuntungan yang diterima pengusaha menjadi sangat tipis. “Bunga tinggi membuat margin yang diterima menjadi tipis,” katanya.

Melihat kondisi tersebut, pihaknya berharap pelaku perbankan khususnya perbankan lokal mau menurunkan suku bunga pinjaman bagi para pengusaha lokal. Kebijakan seperti ini akan sangat membantu bagi para pengusaha pribumi. “kami ingin bank lokal, seperti BJB memberikan keringanan bunga,” bebernya.

Sementara itu, Direktur Utama Bank BJB Ahmad Irfan menyatakan pihaknya siap mendukung para pengusaha lokal. Pasalnya, para pengusaha khususnya yang tergabung dalam Kadin Jabar ikut berperan dalam pembangunan dengan menggarap sejumlah proyek pemerintah.

“Kami siap dukung, khususnya yang berkaitan dengan infrastruktur,” ucapnya.

Terkait tuntutan bunga ringan, pihaknya siap untuk mengakomodasi keinginan tersebut. Namun terlebih dulu akan dibicirakan dengan jajaran komisaris dan disesuaikan dengan aturan perbankan.

“Kami siap untuk menurunkan bunga karena pada prinsipnya bank itu intermedier. Kami menyalurkan jika kondisinya kondusif dan menjanjikan,” pungkasnya

Sumber : http://www.inilahkoran.com/