Pentingnya Asam folat Untuk Kesehatan

by -19 views

Pentingnya Asam folat Untuk Kesehatan

Jatinangorku.com – Asam folat adalah vitamin yang sangat diperlukan oleh anak-anak serta orang dewasa, Asam Folat berfungsi untuk memproduksi sel darah merah serta memiliki peranan penting dalam mencegah anemia.

Pentingnya Asam Folat Terhadap Kehamilan
Dalam suatu kehamilan asam folat memiliki manfaat tersendiri, dengan mengonsumsi asam folat yang cukup sebelum dan semasa hamil dapat mengurangi risiko cacat bawaan otak serta saraf tulang belakang pada bayi.

Sumber Asam Folat
Dalam memenuhi kebutuhan asam folat yang memiliki peranan penting dalam menjaga stabilitas darah, asam folat dapat ditemui dalam beberapa jenis makanan seperti roti, pasta, citru jeruk, kacang-kacangan serta sayuran yang berwarna hijau.

Kebutuhan Tubuh Terhadap Asam Folat
Pada umumnya dalam satu hari seseorang membutuhkan asupan asam folat sebanyak kurang lebih 400 mikrogram, sedangkan bagi ibu yang sedang menyusui ataupun ibu hamil memerlukan asam folat sebanyak 600 mikrogram. NIH (Badan Kesehatan Nasional Inggris) mengatakan jika jumlah tersebut dapat diperoleh dari beberapa makanan seperti suplemen, sayuran dan buah-buahan yang berwarna hijau.

Pihak NIH tengah melakukan suatu penelitian apakah asam folat mampu untuk mengurangi risiko serangan penyakit jantung, mental ataupun dapat mencegah serangan kanker.

Sumber : http://health.diwarta.com