Pentingnya Latihan Ringan Untuk Atasi Nyeri Pada Leher

by -25 views

Pentingnya Latihan Ringan Untuk Atasi Nyeri Pada Leher

Jatinangorku.com – Terlalu lama menunduk karena keasyikan main gadget atau mengerjakan banyak tugas di depan layar monitor terkadang bisa membuat leher sakit. Otot sekitar leher yang tegang menjadi penyebab leher nyeri. Penyakit ini memang ringan. Hal paling umum lainnya adalah istilah salah bantal yang menyebabkan sakit pada leher terjadi saat bangun tidur.

Masalah satu ini memang tergolong ringan tapi tetap saja bisa mengganggu aktivitas. Nah, untuk mengatasi rasa sakit pada leher ini yuk atasi dengan latihan simpel ini yang dilansir dari Boldsky :

Latihan 1
Pertama duduk dalam posisi lurus, kemudian lakukan peregangan pada leher dengan cara menunduk kebelakang sambil melihat kelangit-langit lalu hitung sampai 10 kembudian kembali ke posisi awal kepala tegak lurus. Setidaknya lakukan sampai hitungan ke 8.

Latihan 2
Lakukan gerakan memutar leher  360 derajat. 3 putaran pertama searah jarum jam, kemudian 3 putaran berikutnya berlawanan arah jarum jam. Latihan bertujuan untuk melemaskan otot bagian leher yang kaku. Karena hal tersebutlah yang memicu nyeri pada leher.

Cara atasi sakit leher lainnya
Pijat dan berenang adalah aktivitas yang dapat membantu menghilangkan rasa sakit pada leher. Caranya memijatnya dengan melakukan gerakan pijatan memanjang sepanjan leher dari atas ke bawah untuk mengurangi nyeri secara perlahan. Berenang juga bisa jadi salah satu cara untuk atasi nyeri akibat salah bantal berenang selama 30 menit bisa melemaskan otot leher yang kaku.

Penting untuk melakukan olahraga ringan untuk mengatasi nyeri oada bagian leher karena, kaku leher ini menyebabkan aliran darah ke kepala terganggu. Hal ini juga bisa memicu sakit kepala. Melakukan latihan ringan untuk mengatasi nyeri leher dapat meningkatkan dan memperlancar aliran darah ke kepala sehingga dapat mengatasi rasa sakit.

Latihan ini juga dapat mencegah mencegah sakit merambat pada kakunya daerah bahu dan punggung belakang. Setidaknya setiap satu hingga 2 jam berada di depan komputer lakukan latihan ringan tersebut. Dan lakukan juga setiap setengah jam terus menunduk bermain gadget untuk menghindari nyeri leher dan sakit kepala.

Sumber : http://www.dreamersradio.com