Penyakit Mata dan Cara Pencegahannya

by -441 views

 Penyakit Mata dan Cara Pencegahannya

Jatinangorku.com – Pencegahan Penyakit Mata (eye disease ) – dalah cahaya hidup tanpa mata hidup akan tersa gelap , panca indra ini sangat penting bagi kehidupan kita untuk meraih ilmu dan bertahan hidup  . Meski perannya penting dalam kehidupan, kadang kita lupa untuk menjaga kesehatan indera yang satu ini. ada 3 hal yang bisa mengganggu kesehatan mata; Health (kesahatan ), Habit (kebiasaan , dan Hormones ( hormon ).

“Gangguan mata bisa terjadi akibat adanya masalah health (kesehatan), seperti kekurangan nutrisi, alopesia, trauma, infeksi, atau penyakit berat. Bisa pula terjadi karena masalah habit (kebiasaan), misal, mengucek mata, higienitas yang kurang, atau malas membersihkan mata. Bisa pula terjadi akibat perubahan hormonal,”
ini mrnurut yang ahli dibidang mata
Cara Mencegah Penyakit Mata
pencegahan penyakit mata
Sering kali mata kita tampak memerah di salah satu sisinya atau bahkan perih yang tak kunjung hilang. Bisa saja itu adalah gejala awal dari sakit mata. Hal refleks yang dilakukan saat kejadian seperti itu biasanya mengucek mata. Sebaiknya, Anda jangan melakukan hal tersebut karena tidak akan menghilangkan rasa sakit yang dialami. Melainkan, penyebaran bakteri atau virus yang ada di mata semakin meluas. 
 
Siapapun dapat terkena sakit mata. Penularan sakit mata biasanya sangat mudah. Melalui tangan yang habis menyentuh permukaan mata dapat dengan cepat menyebarkan bakteri.
 
Misalnya, kita sedang mengusap mata lalu berjabat tangan dengan orang yang tidak terkena penyakit itu. Maka kemungkinan besar orang itu juga akan terserang penyakit yang sama. Bahkan, jika kita sering melakukan kontak mata dengan penderita, kita juga akan tertular lewat virus atau bakteri yang terbawa oleh angin.
 
Penularan juga bisa lewat media, seperti benda-benda yang digunakan oleh penderita sakit mata. Oleh sebab itu, hendaknya kita tidak mencampur peralatan yang kita pakai dengan peralatan sehari-hari si penderita.
 
Macam-macam Penyakit Mata dan gejalanya
 
Penyakit pada mata banyak jenisnya . Mulai dari yang dapat menular hingga tidak menular. Berikut ini adalah nama-nama penyakit gangguan pada mata .
  1. Penyakit Mata – Katarak

    Katarak merupakan penyakit kerusakan pada mata yang membuat lensa mata menjadi rabun dan berselaput. Permukaan lensa mata menjadi keruh dan cahaya tidak dapat masuk ke dalam.

    Sehingga, kita mengalami kurang jelas dalam penglihatan. Bahkan jika tidak cepat ditangani akan menimbulkan kebutaan total. Penyebab penyakit ini dikarenakan oleh kontak mata dengan sinar ultra violet ataupun radiasi dalam waktu yang lama. Katarak umumnya banyak menyerang para lansia.

    Gejala yang ditimbulkan katarak yaitu penglihatan menjadi buram dan tingkat ketajaman mata berkurang. Para penderita katarak hendaknya cepat mengonsulatasikan ke dokter mata agar segera diatasi. Untuk mencegah penyakit ini biasanya dengan konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A.

  2. Penyakit Mata – Belekan ( konjungtivitis )

    Gangguan mata belekan adalah penyakit yang paling sering dialami oleh semua orang. Penyebab penyakit ini, yaitu infeksi bakteri atau virus. Biasanya orang yang terkena penyakit ini matanya akan berubah menjadi merah, rasa nyeri pada otot mata, pembengkakan, dan banyaknya kotoran mata yang keluar dari pelupuk mata.

    Gejala dari belekan dapat kita rasakan ketika bangun tidur. Apabila bulu mata saling menempel, susah dibuka karena cairan yang lengket dan mata menjadi sangat pedih ketika melihat sesuatu dalam waktu yang lama kemungkinan Anda terserang penyakit tersebut.

    Penyakit belekan sering terjadi pada anak-anak dan cepat menular kepada orang dewasa. Cara mengobatinya biasanya menggunakan salep ataupun obat tetes khusus infeksi mata yang dapat dibeli di apotek.

    Namun, ada juga yang menggunakan obat tradisional, seperti daun sirih. Daun sirih direndam dengan air hangat, kemudian basuh mata anda dengan air daun sirih. Diamkan beberapa saat agar air daun sirih dapat meresap ke dalam permukaan mata kita. Lakukan dengan teratur hingga mata sembuh.

    Usahakan agar mata tidak sering dikucek karena banyak kuman yang menempel di permukaan tangan. Jika kuman tersebut masuk ke dalam mata, maka belekan pun akan menjadi lebih lama sembuh. Virus penyebab mata belekan biasanya terdapat di daerah yang kumuh dan genangan air yang kotor atau air banjir. Untuk mencegahnya, sebaiknya Anda jangan melakukan kontak mata langsung dengan penderita belekan.
     

  3. Penyakit Mata – Bintitan (hordeolum)

    Bintitan yaitu penyakit pada mata yang ditimbulkan oleh bakteri yang menyebabkan infeksi peradangan kelopak mata bagian atas atau bawah. Gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini adalah terdapat benjolan kecil berwarna merah di permukaan atas atau bawah kelopak mata yang disertai pembengkakan.

    Siapapun dapat terserang sakit mata bintitan. Penyakit tersebut sebenarnya dapat sembuh sendiri sekitar beberapa minggu. Namun, bila sangat mengganggu, Anda dapat mengolesi salep ataupun obat tetes mata antibiotik.

    Anda juga dapat memakai obat tradisional dengan cara gosokkan perlahan bawang putih yang telah dipotong ujungnya ke permukaan kelopak yang sakit. Untuk mencegah penyakit bintitan, Anda harus selalu menjaga kebersihan wajah terutama di daerah sekitar kelopak mata. Cuci tangan Anda sebelum menyentuh bagian wajah. Perhatikan kebersihan alat-alat make up Anda agar selalu bebas dari kuman dan bakteri. Sebaiknya, Anda memakai kacamata saat sedang berada di daerah yang penuh debu dan polusi.

  4. Penyakit Mata – Glaukoma

    Penyakit glaukoma terjadi karena peningkatan tekanan di dalam bola mata yang menimbulkan kerusakan pada saraf penglihatan serta berkurangnya fungsi mata. Ciri orang yang terjangkit penyakit ini, yaitu pandangan mata mulai tampak tidak jelas atau buram. Penderita glaukoma disarankan harus melakukan konsultasi ke dokter mata. Karena penyakit glaukoma terkadang dapat menimbulkan kebutaan.

Cara Mencegah Sakit Mata
 
Mata yang tiap waktu kecuali tidur kita gunakan tentu kadang akan mengalami gangguan. Oleh sebab itu, kita harus senatiasa merawat dan menjaga mata dengan baik supaya tetap sehat. Beberapa perawatan mata yang dapat kita lakukan adalah sebagai berikut :
 
  • Jika Anda sedang menonton televisi, biasakan menggunakan penerangan dan jarak yang benar. Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan saat menonton televisi.

    1. Yang pertama yang harus anda lakukan adalah mengatur posisi televisi agar sejajar dengan mata untuk mengurangi pengaruh cahaya yang keluar dari televisi.
    2. Jarak menonton televisi dengan mata yang aman adalah 5 kali lebar diagonal pada TV, contohnya pada TV yang berukuran 14 inci jarak amannya adalah 1,75 meter dari TV.
    3. Lampu yang digunakan harus cukup terang dan letaknya di langit-langit atap. Jangan diletakkan di belakang televisi.
  •  Bacalah buku di tempat yang terang dan jaraknya tidak terlalu dekat. Jangan terbiasa untuk membaca di tempat tidur dengan posisi sambil tiduran. Adapun beberapa ketentuan yang harus kita lakukan saat membaca buku, yaitu :

    1. Membaca di tempat yang terang atau menggunakan penerangan yang cukup.
    2. Usahakan jarak baca antara buku dengan mata sekitar 30 cm.
    3. Perhatikan posisi Anda jika sedang membaca buku. Lebih baik membaca dengan posisi duduk.
  • Bekerja di depan komputer memang membuat mata terasa lelah dan efeknya kadang berair serta menjadi merah di salah satu sisinya. Berikut ini adalah cara untuk membuat mata Anda agar tetap sehat setiap hari walaupun harus berlama-lama di depan komputer.

    1. Agar mata Anda tidak cepat lelah, lebih baik gunakan monitor LCD layar datar dan atur tingkat intensitas warna serta cahaya LCD tersebut.
    2. Atur jarak mata Anda dengan monitor lebih dari 50 cm.
    3. Sebaiknya bekerja dengan posisi meja dan kursi yang benar agar tetap nyaman.
    4. Penerangan di ruang kerja/kamar yang digunakan harus cukup terang.
    5. Lakukan kedip-kedip mata sesering mungkin agar mata anda tidak terlalu tegang.
    6. Usahakan sirkulasi udara di dalam ruangan tetap terjaga dengan baik.
    7. Perhatikan pola tidur Anda. Tidurlah dengan waktu enam sampai delapan jam tiap hari.
    8. Konsumsi makanan dan minuman yang bergizi serta minumlah vitamin untuk mata.
    9. Lakukan olahraga secara rutin untuk menjaga stamina dan kesehatan tubuh kita.
    10. Kompres mata dengan air es atau es batu agar mata tampak segar dan rileks serta dapat mengurangi rasa lelah pada otot mata.
    11. Membiasakan diri untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A, seperti wortel, tomat, papaya, dan hati.
  • Pakailah pelindung mata atau helm dengan penutup pada saat berkendara. Sehingga kuman, bakteri, dan virus yang terbawa oleh debu tidak akan mudah masuk ke mata kita.
  • Gunakan kaca mata khusus bila anda sedang berenang supaya mata tidak mudah pedih dan merah.
Karena betapa pentingnya panca indra manusia yang salah satunya adalah mata. Sebaiknya, kita harus selalu menjaga mata agar tetap sehat dengan upaya pencegahan sejak dini. Supaya kita dapat terhindar dari sakit mata. Rawat dan sayangilah mata Anda dengan baik sebab sayang terhadap mata merupakan hak mata dan rasa sukur terhadap ilahi sang pencipta