Penyebab Adanya Pendarahan Pada Paru-Paru

by -10 views

Penyebab Adanya Pendarahan Pada Paru-Paru

Jatinangorku.com – Mengalami kecelakaan di Tol Jagorawi, Minggu (08/09), Abdul Qodir Jaelani atau akrab disebut Dul hingga kini kondisinya masih lemah.

Anak dari musisi Ahmad Dhani ini dikabarkan harus menjalani beberapa operasi untuk terus memulihkan kesehatannya. Dikabarkan pula bahwa kaki kanannya patah akibat kecelakaan yang membuat mobilnya beradu banteng dengan sebuah mini bus sebelum terbalik.

“Ternyata kemaren 350cc diambil darah (dari paru-paru). tetapi sekarang lebih banyak lagi, mudah-mudahan bukan lagi dari paru-paru. Kami masih belum tahu darah yang menutupi paru-paru itu dari mana,” ujar Ahmad Dhani, saat ditemui oleh team KapanLagi.com di RS Pondok Indah, Jakarta, Rabu (11/09). Dan karena kondisinya yang masih belum pulih itulah, Dul harus menjalani operasi kelima pada Kamis (12/09).

Lebih lanjut Dhani mengaku tak bisa memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang muncul karena kondisi anak bungsunya tersebut. Ia akan menunggu hasil-hasil pemeriksaan dan laporan dari para medis yang dipercayakannya.

Pendarahan pada paru-paru memang kasus yang cukup serius dan bisa dikatakan berbahaya. Paru-paru sendiri adalah organ penting yang tak dapat tergantikan apabila menderita sakit atau disfungsi. Sehingga pengobatannya harus dilakukan secara intensif apabila memang ada keluhan sakit.

Dilansir oleh Livestrong, ada beberapa hal bisa menyebabkan paru-paru mengalami pendarahan:

Pulmonary Embolism (PE)

Terjadi ketika pembuluh darah arteri tersumbat sehingga menyebabkan darah mengalir dan memenuhi paru-paru. Pada saat ini akan ada rasa sakit yang parah pada dada, nafas yang berat dan pendek, serta batuk darah.

Kondisi ini bisa sangat berbahaya apabila tidak segera diberi pertolongan. Cara untuk membantu meringankannya adalah dengan menyedot darah keluar dari sana.

Infeksi bakteri

Menurut University of Rochester Medical Center, infeksi terhadap paru-paru yang disebabkan oleh bakteri juga dapat menyebabkan pendarahan pada paru-paru. Dalam kondisi ini, antibiotik tidak akan banyak membantu, dan kegiatan pernafasan akan sangat terganggu.

Kanker paru-paru

Salah satu penyebab pendarahan paru-paru lainnya adalah terdapat kanker di sana yang cukup parah. Ditandai dengan batuk yang tak kunjung mereda dan sangat sering menyerang. Batuk tersebut seringkali disertai dengan darah yang keluar lewat mulut.

Kanker paru-paru tidak muncul begitu saja. Ada jangka waktu yang dibutuhkan sampai ia meradang pada paru-paru. Banyak hal yang menjadi penyebab penyakit berbahaya ini, salah satunya adalah merokok. Untuk itu, di setiap bungkus dan iklan rokok selalu disertakan informasi bahwa merokok dapat menyebabkan kanker paru-paru.

Penyebab lainnya

Pun demikian, bukan hal-hal di atas saja yang dapat menyebabkan pendarahan pada paru-paru. Masih ada banyak hal yang mempengaruhi kondisi tersebut, tergantung pada gejala yang dialami pasien.

Namun, pertolongan pertama yang harus dilakukan adalah mengeluarkan darah agar tidak menggenangi paru-paru dan mengganggu pernafasan.

Sumber : http://www.vemale.com/