Perajin Senapan Angin Cipacing Terancam Gulung Tikar

by -118 views

Kebun Emas 486 x 60

JATINANGORKU.COM  (6/5) 

Menurunnya jumlah konsumen yang datang ke sentra penjualan senapan angin di Desa Cipacing, Kecamatan Jatinangor, Kab. Bandung mengancam perajin dan pedagang senapan angin yang kini megap-megap. Ujung-ujungnya mereka akan gulung tikar.

Salah seorang pemilik galeri senapan angin di Cipacing, Engkat Katmala (55) saat ditemui di tempat jualannya, Kamis (2/5), mengatakan, omzet penjualannya menurun sejak sepuluh tahun silam.

Seperti yang dilansir dari galamedia, “Pada akhir tahun 90-an, pengunjung galeri senapan angin di Cipacing masih terbilang banyak. Pemesan senapan angin, masih bersifat borongan. Namun, saat ini pembelian sistem borongan sudah hilang dan didominasi pembeli senapan angin satuan,”katanya

Engkat mengatakan, dulu pembeli kerap datang dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan senapan angin Cipacing cukup tenar. “Konsumen paling sedikit membeli sebanyak 200 senapan angin. Bahkan, ada juga yang membeli hingga mencapai 1000 pucuk,” katanya.

Konsumen yang membeli sistem borongan, kata Engkat biasanya kembali dijual di daerahnya masing-masing.

Menurut pemilik galery senapan angin “Charlie Sport” tersebut, kini masa-masanya keterpurukan bagi pedagang dan perajin senapan angin di cipacing. Terpuruknnya senapan angin, di Cipacing dipicu oleh semakin berkurangnya produksi perajin senapan angin di daerah itu dengan alasan sepi pesanan.

“Pada saat penjualan masih stabil, harga bahan baku senapan angin, seperti besi, titanium, dan staninles, hanya Rp 400 ribu per kodi. Namun, saat ini harga bahan baku mencapai Rp. 1,2 juta per kodi. Kondisi itu yang mengakibatkan perajin tak berdaya hingga berujung malas membuat senapan angin,” ujarnya.

Dari luar jawa

Sementara itu, perajin senapan angin warga setempat lainnya, Dede Komarudin (51), mengatakan, saat ini konsumen senapan angin dari luar jawa lebih tertarik untuk membeli senapan angin ke perajin senapan angin di Pare, Kediri, Jawa Timur.

Alasannya, harga senapan angin di kawasan itu relatif lebih stabil karena bahan baku senapan angin yang dibeli oleh perajin di Pare, tidak semahal seperti yang dibeli oleh perajin di Cipacing.

“Padahal, perajin senapan angin di Pare belajar cara membuat senapan angin sebelumnya dari produk Cipacing, seperti cara membuat senapan angin jenis canon sport dan benyamin franklin. Perajin senapan angin di Pare, Kediri saat ini sedang mengalami peningkatan usahanya,” ucapnya.

(B.115)**

Kebun Emas 486 x 60