Peran PPL Strategis di Pileg 2014

by -20 views

Peran PPL Strategis di Pileg 2014

Jatinangorku.com – Petugas pengawas pemilu lapangan (PPL) memiliki peranan penting dalam menyukseskan penyelenggaraan Pemilu Legislatif (Pileg) pada 9 April 2014 mendatang. Untuk itu, 35 petugas PPL di sejumlah desa di Kec. Cicalengka, Kab. Bandung mendapat pembekalan terkait tugas dan fungsinya.

Pembekalan disampaikan anggota Panwas Kab. Bandung, Joko Pramono, M.H. di aula kantor Camat Cicalengka, usai pelantikan petugas PPL, belum lama ini. Turut hadir Camat Cicalengka, Achmad Rizky Nugraha, S.I.P. dan Panwas Kec. Cicalengka, Aep Saepudin beserta anggota.

“Tugas PPL itu terkait pelanggaran pemilu, mencatat siapa pelaku pelanggaran, dan melaporkannya ke Panwascam. Termasuk mendengar terjadinya pelanggaran,” kata salah seorang petugas PPL Desa Cikuya, Kec. Cicalengka, Agus kepada “GM”, Selasa (10/9).

Menurut Joko Pramono, petugas PPL harus mengenali wilayah kerjanya masing-masing. “Jangan sampai tak paham. Soalnya, petugas PPL akan melakukan pengawasan di wilayahnya terkait proses penyelenggaraan pemilu,” katanya.

Pada pemilu mendatang ada 12 peserta dan diharapkan berlangsung jurdil. Pemilu sendiri syarat untuk mendapatkan pemerintahan yang sah.

Ia juga berharap PPL dan pengawas kecamatan membangun kemitraan dan komunikasi. Sehingga pemilu berjalan aman dan sukses. Camat juga bisa berperan sebagai penanggung jawab atau pembina pelaksana di lapangan. “Petugas PPL jangan sampai saling mencari kesalahan. Termasuk kesalahan pihak lain yang kemudian dijadikan objek,” katanya.

Menurutnya, tugas PPL mengawasi penyelenggaraan atau pelaksanaan pemilu. “Mengawasi peserta pemilu dan caleg. Kita hanya melihat dan mengawasi,” katanya.

Jika ada pelanggaran, maka harus dilihat langsung kebenarannya di lapangan. “Didatangi, apa benar kejadiannya. Harus dilihat langsung,” katanya.

Jika memang terjadi pelanggaran, catat juga siapa yang melakukannya, termasuk lokasi dan waktu pelanggaran. Juga apakah pelanggaran ini termasuk pelanggaran kode etik atau pelanggaran lainnya.

Joko juga berharap tugas para petugas PPL bisa dilanjutkan pada pilpres mendatang. Tetapi sebelumnya akan dilakukan evaluasi dan pelantikan ulang. “Petugas PPL harus memiliki catatan integritas dan kinerja yang baik sesuai peraturan,” katanya.

Sumber : http://klik-galamedia.com