Perbaikan Jalan Kabupaten Dikebut

by -63 views

Perbaikan Jalan Kabupaten Dikebut

Jatinangorku.com – Guna memberikan kenyamanan pada masyarakat, pemerintah Kab. Sumedang mempercepat perbaikan sejumlah ruas jalan kabupaten. Perbaikan fasiltas umum tersebut, secara bertahap sudah dilakukan sejak pertengahan Juli 2014.

“Namun karena beberapa faktor, seperti proses pelelangan yang terhambat, libur hari raya Idulfitri, kelanjutan pembangunan itu baru bisa dilanjutkan dan terealisasi pertengahan Agustus ini,” kata Bupati Sumedang, Drs. H. Ade Irawan, M.Si. melalui telepon seluler, Minggu (10/8).

Berdasarkan laporan yang disampaikan pejabat Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kab. Sumedang, berapa paket pekerjaan perbaikan ruas jalan sudah selesai ditenderkan.

Jalan yang sudah ditenderkan tersebut, yaitu Jln. Tanjungsari-Haurngombong Kec. Tanjungsari, Pamoyanan-Palasari Kec. Jatigede, Jln. Sudiplak Sumedang Utara-Gunturmekar, Jln. Gandasoli-Cipedes Tanjungmedar, Jln. Pasiringkik-Cimarga Kec. Cisitu, Jln. Tanjungsari-Genteng, Jln. Cipadung Tanjungkerta-Cisempak Tanjungmedar, Jln. Sukajadi-Cimungkal Kec. Jatinunggal, Jln. Kirisik-Cipeundeuy Kec. Jatinunggal, Jln. Banjarsari-Sukamanah Kec. Jatinunggal, Jln. Legok Kecamatan Paseh-Conggeang (dana alokasi khusus/DAK), Jln. Buahdua-Burujul Kec. Buahdua, Jln. Warungkalde-Bojongloa Kec. Jatinangor, Jln. Cimalaka-Cipadung (DAK), Jln. Cimalaka-Cipadung (Banprov), Jln. Conggeang-Buahdua, Jln. Burujul-Sanca Kec. Buahdua, Jln. Citali-Sukawangi Kec. Pamulihan, Jln. Ujungjaya-Conggeang, Jln. Pasir Biru Rancakalong-Mulyasari-Pamulihan.

Sedangkan jalan yang hanya mendapat dana pemeliharaan Jln. Talun dan Jln. Ketib, Kec. Sumedang Utara serta perbaikan ruas Jln. Cimalaka-Cipadung. “Sejumlah ruas jalan kabupaten tersebut, pada pertengahan Agustus ini pekerjaan fisiknya sudah bisa dikebut,” katanya.

Proses lelang

Selain jalan yang sudah mulai dikebut pengerjaannya, 23 ruas jalan lainnya masih dalam proses pelelangan. Proses lelang itu dilakukan mengingat nilai pagu kegiatannya di atas Rp 200 juta.

Bupati mengharapkan proses tender sejumlah ruas jalan itu, bisa rampung pada September nanti. Sehingga seluruh rencana program perbaikan jalan yang ada di Kab. Sumedang tersebut dapat direalisasikan.

“Kita berharap, pada September, proses tender sejumlah ruas jalan yang sudah masuk dalam program prioritas pembangunan di Kab. Sumedang bisa selesai. Sehingga sesuai target kita, seluruh ruas jalan yang rusak bisa selesai diperbaiki tahun ini,” tuturnya.

Menyikapi persoalan itu, ia juga berharap masyarakat mengerti dan bersabar, mengingat proses pelelangan memerlukan tahapan-tahapan yang harus dilaksanakan.

Di samping itu, masyarakat diharapkan turut berpartisipasi agar pelaksanaannya sesuai target dan dapat dipertanggungjawabkan, baik secara teknis maupun administrasi.

“Sumbang saran masyarakat yang disampaikan kepada pemerintah kabupaten selalu dinantikan dan diapresiasi positif, sebagai salah satu kontrol sosial sekaligus bentuk partisipasi aktif dalam pembangunan,” imbuhnya.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/