Perbaikan Jalur Sukasari-Lembang Tiga Kabupaten Sepakat Buat MoU

by -19 views

Perbaikan Jalur Sukasari-Lembang Tiga Kabupaten Sepakat Buat MoU

Jatinangorku.com – Pemkab Sumedang sepakat untuk membuat memorandum of understanding (MoU/nota kesepahaman bersama) dengan Pemkab Bandung dan Pemkab Bandung Barat untuk mengajukan pembangunan Jalan Sukasari-Lembang kepada Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan.

Pasalnya, Jalan Sukasari Lembang melewati tiga wilayah kabupaten, yakni daerah Kec. Sukasari di Kab. Sumedang, Cilengkrang di Kab. Bandung, dan Lembang, Kab. Bandung Barat. Dengan begitu, status jalan yang semula jalan desa dan kabupaten akan ditingkatkan menjadi jalan provinsi.

“Kesepakatan dengan Kab. Bandung dan Bandung Barat untuk membuat MoU pengajuaan pembangunan Sukasari-Lembang kepada Gubernur, merupakan hasil rapat di kantor Induk Pusat Pemerintahan (IPP) Pemkab Sumedang, Selasa (24/6) lalu. Rapat tersebut bersama Kab. Bandung dan Bandung Barat bahkan dihadiri perwakilan dari Pemprov Jabar,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kab. Sumedang, Sujatmoko, Minggu (29/6).

Setelah MoU tiga kabupaten dibuat dan diajukan kepada Gubernur, selanjutkan Pemkab Sumedang akan menyerahkan DED (detailed engineering design) yang sudah dibuat tahun 2012 lalu kepada Pemprov Jabar. DED tersebut akan dievaluasi kembali oleh provinsi. Hal yang sama akan dilakukan terhadap dua kabupaten lainnya.

“Kalau Sumedang sudah dari dulu membuat DED. Sementara Kab. Bandung dan Bandung Barat akan menyusul. Kalau DED-nya sudah selesai semuanya, akan diserahkan juga kepada provinsi,” kata Sujatmoko.

Dari hasil kajian DED, kebutuhan biaya untuk pembangunan jalan Sukasari-Lembang yang masuk ke wilayah Kab. Sumedang sebesar Rp 250 miliar. Dana sebesar itu, meliputi pembebasan lahan dan bangunan untuk pelebaran jalan serta pembangunan fisik. Mengingat pembangunan jalan Sukasari-Lembang kewenangan Pemprov Jabar, anggaran sebesar itu akan ditanggulangi provinsi. Sementara kabupaten memiliki potensi kekayaan SDA (sumber daya alam) yang melimpah. Seperti halnya Kec. Sukasari merupakan sentra komoditas sayuran.

“Namun sayangnya, begitu besarnya potensi tersebut, belum tergali optimal akibat ketiadaan infrastruktur jalan. Oleh karena itu, Pemprov Jabar harus segera membangun Jalan Sukasari-Lembang. Kalau jalannya dibangun, selain akan memajukan pertanian sayuran serta menekan mahalnya ongkos angkut hasil panen, juga bisa mendorong perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” ujar Sujatmoko.

Karena pembangunan Jalan Sukasari-Lembang sepanjang 23 km itu kewenangan Pemprov Jabar, sehingga Pemkab Sumedang tidak mengetahui kapan pembebasan lahan dan bangunan termasuk pembangunan fisiknya.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/