Perekaman E-KTP Baru Selesai Desember 2018

by -95 views

Perekaman E-KTP Baru Selesai Desember 2018Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah menyelesaikan perekaman kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP) hingga saat ini mencapai 94,98 % atau sebanyak 175.949.127 juta jiwa penduduk.

Khusus menghadapi pilkada serentak tahun 2018 dan pemilu 2019, Kemendagri akan mencetak blanko E-KTP hingga sebanyak 25 juta blanko.

“Masih ada sekitar 5,02 persen atau 9.000.548 jiwa penduduk yang belum melakukan perekaman elektronik,” tegas Sekretaris Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Sesditjen Dukcapil Kemendagri), I Gede Suratha, di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Kamis 28 September 2017.

Menurut Suratha, selain itu, ada sekitar 1,9 juta jiwa penduduk yang sudah melakukan perekaman ganda sehingga E-KTP-nya tidak bisa dicetak.

“Pemerintah menargetkan penyelesaian program perekaman E-KTP hingga Desember 2018. Dari 9 juta penduduk yang belum melakukan perekaman, jika dapat diselesaikan sekitar 4 juta jiwa saja, itu sudah sangat baik,” katanya.

Belum rekam E-KTP

Penduduk yang belum melakukan perekaman, ada kemungkinan pindah domisili untuk waktu yang cukup lama. Contohnya menjadi buruh migran tenaga kerja Indonesia (TKI) di luar neguri.

Terhadap penduduk yang menjadi TKI, kata Suratna, meskipun ditelusuri di seluruh wilayah Indonesia, tetap tidak ditemukan. “Apalagi jika penduduk tersebut bekerja sebagai TKI di luar negeri menggunakan identitas orang lain, maka tidak akan ditemukan,” ujarnya.

Suratha mencontohkan, ada TKI yang meninggal dunia di luar negeri. Namun ketika tiba di tempat asalnya sesuai dengan dokumennya malah dinyatakan tidak dikenal

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com