Pergantian Musim Waspadai Flu, ISPA, dan Diare

by -39 views

Pergantian Musim Waspadai Flu, ISPA, dan Diare

Jatinangorku.com – Perubahan musim rawan penyebaran sejumlah penyakit seperti flu, infeksi saluran pernapasan atas (ISPA), diare, dan tifus. Penyakit tersebut akan mudah menyerang saat kondisi tubuh kurang stabil. Untuk itu, warga harus menjaga kondisi tubuh.

Kepala Puskesmas Cimanggung, dr. Cepy Tricahyadi mengatakan, flu adalah penyakit pernapasan yang disebabkan virus influenza. “Penularannya bisa melalui udara atau kontak langsung dengan penderita,” katanya di Cimanggung, Kab. Sumedang, Senin (9/9).

Menurut Cepy, gejala virus flu berlangsung dalam 1-4 hari. Jika tidak segera ditangani bisa menimbulkan masalah serius. “Misalnya memicu penyakit pneumonia, sinusitis atau radang telinga. Bukan tidak mungkin harus dirawat di rumah sakit,” katanya.

Ia juga mengatakan, musim kemarau sangat rawan iritasi kulit dan batuk. Namun penyakit tersebut masih dianggap ringan jika mampu mencegahnya dan membiasakan hidup sehat. “Belakangan ini ada sejumlah pasien dengan keluhan serupa, di antaranya batuk,” katanya.

Untuk mencegah berbagai penyakit, pihak puskesmas memberikan penyuluhan di wilayah kerjanya dengan turun langsung ke masyarakat.

“Penyuluhan ini meliputi pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit. Penyuluhan disampaikan kepada masyarakat yang rawan penyebaran penyakit,”tuturnya.

Dalam penyuluhan di antaranya disampaikan tentang antisipasi penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD) memasuki musim kemarau. “Mencegah DBD caranya dengan membersihkan sarang nyamuk dan melakukan gerakan 3M, yakni membersihkan, menguras, menutup sumber air dan menimbun barang bekas,” katanya.

Untuk mencegah penyakit, konsumsi makanan bergizi. “Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral. Selain itu, cukup Istirahat,” pungkasnya.

Sumber : http://klik-galamedia.com