Peringatan Hardiknas: Tingginya Populasi Usia Produktif, Aset Berharga atau Bencana?

by -24 views


Jatinangor,

[Unpad.ac.id, 02/05/2012] Populasi usia produktif yang jumlahnya luar biasa banyak menjadi karunia tersendiri bagi bangsa Indonesia. Kesempatan emas tersebut jika dapat dikelola dengan baik, maka akan menjadi aset sekaligus bonus demografi yang sangat berharga bagi bangsa ini.

Hal tersebut tertuang dalam Sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Prof. Dr. Ir. H. Mohammad Nuh, DEA., yang dibacakan oleh Rektor Unpad, Prof. Dr. Ir. Ganjar Kurnia, DEA., ketika menjadi Pembina Upacara dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional yang pada tahun ini mengangkat tema “Bangkitnya Generasi Emas Indonesia” di halaman depan gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Rabu (02/05).

“Di sinilah peran strategis pembangunan bidang pendidikan untuk mewujudkan hal itu menjadi sangat penting. Akan tetapi, sebaliknya, bukan mustahil kesempatan emas tersebut menjadi bencana demografi bila kita tidak dapat mengelolanya dengan baik.” ujarnya.

Tak dapat dipungkiri, pendidikan merupakan sebuah sistem rekayasa sosial terbaik untuk meningkatkan kesejahteraan, keharkatan, dan kemartabatan. Oleh karena itu, akses seluas-luasnya bagi anak bangsa untuk memperoleh dan memasuki dunia pendidikan harus dibarengi pula dengan peningkatan kualitas pendidikan guna mempersiapkan generasi emas nanti.

Peringatan Hari Pendidikan Nasional pada tahun ini memiliki kesan tersendiri baik bagi Kementerian maupun bagi Unpad. Pada tahun ini, bidang kebudayaan telah kembali ke dalam pangkuan pendidikan setelah terpisah terpisah lebih dari 10 tahun dan menjadi satu dalam Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sedangkan, bagi Unpad Peringatan Hardiknas pada tahun ini memiliki arti tersendiri karena untuk pertama kalinya Upacara Peringatan Hardiknas dilaksanakan di Kampus Jatinangor dengan dihadiri oleh ratusan civitas akademika Unpad.

 

Sumber : unpad.ac.id