Peringati 20 Tahun Reformasi, Sejumlah Mahasiswa Unpad Jatinangor Buka Lapak Buku

by -80 views

Hamparan buku-buku berada di lantai di Kampus Universitas Padjajaran, tepatnya di Brooklyn Jatinangor, Sumedang, Senin (21/5/2018).

Lapak buku cukup membuat tertarik beberapa orang yang lalu lalang untuk baik untuk membeli, membaca, maupun sekadar melihat-lihat.

Penjaja buku-buku itu memakai tempat sederhana. Mereka tak memiliki rak mengkilap tetapi cukup di bawah pohon-pohon rindang. Angin sejuk pun semilir terasa.

Kegiatan lapak buku itu terlaksana atas kerja sama dari BEM Unpad Satyagraha dan Padjajaran Resources Center On Gender and Human Rights Studies (PadGHRS).

 

Kegiatan itu adalah bagian rangkaian acara yang bertajuk “Diskuker Refleksi 20 Tahun Reformasi”.

Koordinator BEM Unpad Satyagraha, Muhammad Arief Virgy, mengatakan gelaran lapak buku bekas itu secara khusus menjadi bagi mahasiswa Unpad untuk senantiasa membaca dan menyukai literasi.

“Kebanyakan buku-buku tentang 1998 dan persitiwa saat Orde Baru,” ujar Arief, di Brooklyn Kampus Unpad Jatinangor.

 

Koordinator Padjajaran Resources Center On Gender and Human Rights Studies (PadGHRS), Iki, menuturkan lapak buku itu untuk memperingati secara khusus gerakan mahasiswa reformasi yang telah memasuki usia 20 tahun.

“Banyak mahasiswa yang tidak tahu tentang gerakan mahasiswa saat itu. Lapak ini bagian rangkaian acara ini,” ujar Iki.

Iki mengatakan sekitar 100 buku-buku yang ada itu didominasi oleh buku tentang politik dan hukum, lebih terjangkau harganya. Pasalnya, karena dari koleksi pribadi.

 

 

 

Sumber : http://jabar.tribunnews.com