Peringati Hari Bumi, Rektor Resmikan Shelter Sepeda di Unpad Kampus Jatinangor

by -84 views

 

 

Universitas Padjadjaran menerima 25 unit sepeda bantuan dari Bank Mandiri. Sepeda yang akan digunakan sebagai sarana mobilisasi civitas academica Unpad di lingkungan kampus Jatinangor ini merupakan salah satu implementasi awal penerapan kebijakan mengurangi kadar emisi gas buang kendaraan di dalam kampus.

Penyerahan sepeda dilakukan secara simbolis oleh perwakilan Bank Mandiri Basuki Hardiyanto kepada Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad saat pelaksanaan peringatan Hari Bumi 2016 di Unpad kampus Jatinangor, Minggu (24/04). Acara yang digelar oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM Kema) Unpad ini dihadiri oleh pimpinan universitas dan fakultas, mahasiswa, dosen, serta tenaga kependidikan di lingkungan Unpad.

Dalam sambutannya, Rektor mengatakan, ke depan izin penggunaan kendaraan di dalam kampus akan dikurangi. Kendaraan milik civitas academica maupun tenaga kependidikan dapat diparkirkan di area parkir yang akan disediakan di wilayah gerbang masuk kampus. Penyediaan sarana angkutan dan sepeda dapat digunakan oleh civitas academica maupun tenaga kependidikan sebagai alat mobilisasi.

“Aspek ini merupakan latihan sikap kita untuk menjaga ketertiban dan lingkungan kampus. Semua harus saling mengingatkan,” kata Rektor.

Warga Unpad pun diharapkan ikut memantau dan mengingatkan apabila terjadi bentuk pelanggaran ketertiban di lingkungan kampus. Segala bentuk pelanggaran yang dilakukan berulang, kata Rektor, akan dijatuhi sanksi. “Saya berharap, sanksi ini jangan sampai terjadi. Semua harus saling mengingatkan,” imbuhnya.

Guna mendukung optimalisasi penggunaan sepeda, Bank Mandiri juga telah membangun dua shelter sepeda untuk menyimpan sepeda. Satu shelter berkapasitas 20 sepeda dibangun di area parkir Masjid Raya Unpad, sedangkan satu shelter berkapasitas 5 sepeda dibangun di area parkir Gedung Rektorat. Dalam kesempatan tersebut, Rektor juga meresmikan satu shelter di lapangan parkir Masjid Raya Unpad.

Basuki mengatakan, penyediaan sepeda dan shelter di kampus Unpad Jatinangor ini merupakan bentuk pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Mandiri. Pihaknya juga berencana untuk menambah unit sepeda dan shelter ke depannya.

Selain penyerahan sepeda dan peresmian shelter, peringatan Hari Bumi ini juga ditandai dengan penanaman pohon Manggis di area taman Masjid Raya Unpad. Penanaman pohon secara simbolis dilakukan oleh Rektor, perwakilan Bank Mandiri, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaa Dr. Arry Bainus, M.A., serta Ketua BEM Kema Unpad Navajo Bima Hadisuwarno.

“Kita akan mulai membangun kesadaran menanam pohon sekaligus merawatnya. Mahasiswa Unpad, dosen, dan tenaga kependidikan masing-masing harus menanam pohon sekaligus merawatnya,” kata Rektor.

Acara juga diisi dengan sepeda sehat yang dilakukan oleh Rektor, pimpinan, dan mahasiswa Unpad. Rute sepeda sehat ini mengelilingi jalan utama di Kecamatan Jatinangor.*

Laporan oleh: Arief Maulana / eh