Perjalanan PON dan Peparnas Jabar Akan Didokumentasikan

by -12 views

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan berjanji akan segera membentuk tim yang akan melakukan “rangkuman” kegiatan PON dan Peparnas 2016 di Jabar dari persiapan hingga pembubaran panitia nantinya.

Ia menuturkan dokumentasi tersebut nantinya akan dirangkum secara utuh dari awal perencanaan hingga pembubaran panitia, gunanya untuk menjadi bentuk pengabdian sejarah yang berhasil ditoreh Jabar setelah penantian panjang sejak 1961 PON dan Peparnas diselenggaran di Jabar.

“Tentunya moment bersejarah ini akan kita abadikan untuk mencatat sejarah, juga pelajaran untuk penyelenggaraan berikutnya,” katanya kepada wartawan ketika menghadiri pembukaan Pameran Kilas Balik Jabar Kahiji PON XIX dan Peparnas XV 2016, di Bandung, Minggu (4/12/2016).

Dia menambahkan, penyelenggaraan yang menghabiskan anggaran terbesar ini harus terdokumentasi dengan baik melalui arsip yang baik, sehingga nantinya berguna untuk menjadi pembelajaran untuk penyelenggaraan PON dan Peparnas selanjutnya.

Pasalnya, menurutnya Jabar telah melaksanakan kegiatan olah raga nasional tersebut dengan baik, dengan berhasil mencapai catur Sukses, yaitu sukses penyelenggaraan, sukses prestasi dan sukses Ekonomi.

“Tentu sejarah ini harus tercatat,” pungkasnya.

Ketua Wartawan Foto Bandung Djuli Pamungkas, kegiatan Kilas Balik ini bertujuan untuk menampilkan berbagai sisi lain dari persaingan para atlit untuk mengharuskan daerahnya masing-masing.

“Di foto-foto ini diperlihatkan bagaimana sisi lain dari perjuangan para atlit,” ungkapnya.

Ia menuturkan, foto-foto yang ditampilkan dalam Kilas Balik tersebut merupakan penggambaran bagaimana sisi humanisme para atlet yang berjuang, sehingga akan sangat menarik untuk di abadikan.

Terutama katanya ajang Peparnas, dalam foto-foto tersebut diperlihatkan atlet disabilitas yang berusaha menampilkan kemampuan terbaiknya, sehingga lanjutnya, masyarakat dapat mengambil makna bahwa semua mempunyai potensi masing-masing untuk menjadi seorang juara, tak terkecuali para atlit yang berkebutuhan khusus.

“Disana kita bisa melihat, semua mempunyai keniscayaan untuk sukses,” jelasnya.

Ia berharap dengan diselenggarakannya pameran Kilas Balik PON dan Peparnas ini dapat tersampaikan pesan untuk masyarakat luas dari sportifitas ‎yang ditampilkan para atlet peserta PON dan Peparnas dalam mencapai prestasi