Permen Karet Dan Penderita Maag

by -254 views

Jatinangorku.com – Asam Lambung atau gastro-esophageal reflux adalah asam yang dihasilkan oleh lambung, Peningkatan asam lambung yang berlebih akan menyebabkan luka pada lambung atau yang sering kita kenal sebagai penyakit maag, penyakit maag ini adalah permasalahan pada pencernaan yang umum diderita oleh masyarakat indonesia.  Penyebab asam lambung biasanya disebabkan karena pola makan yang tidak teratur, sering telat bahkan tidak makan pada saat jam makan, sering mengkonsumsi makanan yang mengandung asam tinggi, bisa juga karena sering makan makanan yang pedas ataupun karena sering meminum soft drink dan kopi. Selain itu, stress dan kurang tidur juga bisa memicu naiknya asam lambung. Orang-orang biasa menganggap ringan sakit yang disebabkan naiknya asam lambung ini, padahal jika dibiarkan lama-kelamaan akan menyebabkan luka pada dinding lambung.

Dalam kondisi normal, asam lambung berfungsi untuk mencerna makanan menjadi sari-sari agar dapat diserap oleh darah selain itu asam lambung juga berfungsi untuk membunuh kuman-kuman penyakit yang ikut masuk bersama makanan. Tapi jika asam lambung berlebihan makan akan menyebabkan perih dan kembung. Bila sudah terkena gangguan lambung ini, biasanya kebanyakan orang akan mencari obat yang banyak dijual di Apotik untuk mengatasi perih dan menurunkan asam lambung. Namun, mengkonsumsi obat maag dapat menimbulkan ketergantungan dan menurut beberapa sumber, menggunakan obat-obatan dalam jangka waktu yang lama akan memberikan efek yang kurang baik bagi kesehatan.

Tahukah anda, bahwa ada solusi lain yang dapat menurunkan asam lambung tanpa mengkonsumsi obat-obatan dan tidak menimbulkan efek ketergantungan. Salah satunya adalah dengan mengunyah permen karet. Sebuah penelitian di Journal of Dental Research menyatakan bahwa mengunyah permen karet selama 30 menit setelah makan ternyata bisa mengurangi keluhan asam lambung. Menurut Rebecca Moazzez DPhil from King’s College London selaku pimpinan peneliti tersebut mengatakan “Mengunyah peremen karet mampu melaju pelepasan air liur, Asam yang terakumulasi diperut bakal tercuci dan bersih dengan lebih cepat, Asam hilang maka gejala asam lambung akan berkurang”.

Penyakit maag dapat diderita oleh semua usia, baik orang dewasa bahkan anak-anak dapat mengalaminya. Permen karet adalah jajanan yang juga disukai oleh semua usia, sehingga solusi ini selain tidak menimbulkan efek samping juga mudah untuk dilakukan karena permen karet mudah ditemukan, cukup terjangkau dan mengunyah permen karet adalah hal yang menyenangkan bagi sebagian orang.