Permintaan DPRD kepada Pemkab Sumedang Tingkatkan Pelayanan Publik

by -42 views

Jatinangorku.com – Pertumbuhan ekonomi yang cukup menggeliat di kawasan Jatinangor dianggap berbeda dari kecamatan lainnya di Kabupaten Sumedang. Pertumbuhan penduduk di kawasan pendidikan itu sudah lebih dari enam ribu jiwa, sehingga membutuhkan penambahan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

“Kondisi tersebut tentu saja butuh perhatian serius. Pemerintah Kabupaten Sumedang harus segera melakukan upaya peningkatan bidang layanan publik,” ujar anggota DPRD Kab. Sumedang, Dudi Supardi kepada wartawan di Media Center Kec. Jatinangor, Jumat (5/9).

Pesatnya pembangunan di suatu wilayah, lanjutnya, harus diimbangi oleh ketersediaan aneka fasilitas umum dan berbagai bentuk layanan yang prima.

“Sumber daya manusia (SDM) yang bekerja di pemerintahan Kecamatan Jatinangor harus andal,” kata Dudi.

Dudi menambahkan, kondisi sosial budaya dan ekonomi yang berkembang di Jatinangor menuntut Pemkab Sumedang untuk segera menggodok secara matang kesiapan Satpol PP Kec. Jatinangor.

“Jumlah anggota Satpol PP di kecamatan harus diperbanyak. Personel yang ada sekarang dianggap tidak dapat mengimbangi kondisi ketertiban, keindahan, dan kenyamanan (K3) di Jatinangor,” ujarnya.

Dudi menilai, petugas Satpol PP menjadi ujung tombak guna menciptakan K3 tersebut. Jika jumlah Satpol PP terbatas, lanjutnya, maka dipastikan tidak akan bisa berbuat apa-apa.

“Jika perlu, maka sarana penunjang Satpol PP di Jatinangor pun diperhatikan, termasuk kepemilikan armada dan kantor,” tuturnya.

Kepala Seksi (Kasi) Trantib Kec. Jatinangor, Cepi April Iskandar membenarkan bahwa jumlah anggota Satpol PP yang ada saat ini sangat terbatas, yakni hanya enam orang.

Jatinangor wilayah heterogen, sehingga dianggap tepat kalau jumlah anggota Satpol PP diseimbangkan dengan kapasitas penduduk dan kondisi lingkungannya,” ujar Cepi.

Untuk menciptakan K3, kata dia, pihaknya gencar melakukan sosialisasi, pendataan, dan pengawasan objek vital di kawasan pendidikan.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/