Permintaan Pasar Tinggi, Peternak Bebek Butuh Modal

by -193 views

Permintaan Pasar Tinggi, Peternak Bebek Butuh Modal

Jatinangorku.com – Kebutuhan bebek untuk konsumsi lokal yang disebar ke sejumlah kota dan daerah di Kab./ Kota Bandung dan wilayah lainnya, dalam sehari bisa mencapai 15.000 ekor. Namun kebutuhan itu kurang diimbangi persediaan bibit karena keterbatasan induknya sebagai penghasil telur bebek. Selain itu para peternak mengaku kesulitan modal untuk meningkatkan usaha tersebut.

Demikian dikatakan Ketua Himpunan Peternak Bebek Indonesia Wilayah Bandung Timur, Kab. Bandung, Dadang Supriatna (33) didampingi peternak bebek lainnya, Enja Suhendar (32), warga Kp. Curug Candung, Desa Haurpugur, Kec. Rancaekek, Kab. Bandung kepada “GM”, Senin (23/9). 

Menurut Dadang, dirinya kesulitan dalam meningkatkan populasi bebek untuk dipasarkan kepada konsumen perkotaan maupun daerah. “Kami mengalami keterbatasan permodalan untuk menambah populasi bebek. Apalagi sebelumnya wilayah ini sempat terserang virus flu burung sehingga banyak hewan unggas yang mati mendadak. Kami berharap pemerintah membantu permodalan untuk meningkatkan usaha para peternak bebek,” katanya.

Dia pun menjelaskan, dalam beberapa pekan terakhir ini para peternak pembesaran bebek di Kec. Rancaekek kesulitan mendapatkan bibit bebek untuk dibesar-kan hingga siap dipotong. “Untuk bibit bebek u sempat bergantung pada Jawa Timur, sehingga memengaruhi kelangsungan usaha dalam industri pembesaran bebek,” katanya.

Ia mengatakan, usaha bebek sangat menjanjikan karena sudah masuk pada industri pengembangan usaha kecil menengah (UKM). Hal itu menyusul tingginya permintaan pasar.

Sumber : http://klik-galamedia.com/