Persiapan Jalur Mudik Lebaran, Masih Ada Beberapa Lubang di Jalur Cipali

by -49 views

Direktur Lalulintas (Dirlantas) Polda Jabar, Kombes Pol Tomex Kurniawan, mengaku sudah dari jauh-jauh hari menyiapkan jalur mudik Lebaran 2017, agar bisa dilalui dengan aman dan nyaman.

“Kita sudah dari Januari, yang kita persiapkan adalah fasilitas pendukung berkaitan dengan sarana prasarana,” ujar Tomex saat ditemui di Polres Cimahi, Jalan Amir Mahmud, 

Dikatakan Tomex, pihaknya sudah melakukan pengkajian terhadap dua jalan, pertama jalan utama tol Cipali dan jalan arteri dari arah Cikopo menuju Pantura.

Berdasarkan hasil pengkajian sementara, kata Tomex, masih ditemukan lobang dibeberapa ruas jalan dan geometrik jalan yang tidak sesuai dengan peruntukannya untuk dilalui kendaraan.

Sementara jalur selatan, dari arah Bandung cukup baik, sampai perbatasan Banjar. Pihaknya hanya mempersiapkan pengalihan arus jika sewaktu-waktu terjadi kemacetan di jalan arteri.

“Kita sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk ikut melihat dan mengkaji agar segera dan sedini mungkin dilakukan perbaikan. Tentu masyarakat menginginkan pada saat melakukan arus mudik nanti mereka ingin aman, nyaman dan tentu selamat,” katanya.

Sementara itu, Lebaran 2017 diperkirakan akan jatuh pada 25 dan 26 Juni 2017, dan puncak arus mudik akan terjadi pada 23-24 Juni 2017. Kemudian puncak arus balik terjadi pada 1 dan 2 Juli 2017.

Pada 2016, jumlah pemudik sekitar 17,6 juta orang dan pada 2017 diprediksi meningkat 5-10 persen atau menjadi sekitar 20-25 juta orang