Persiapan Rencana Pengamanan Jalur Mudik 2014 Polda Jabar Gelar Rakor

by -16 views
Persiapan Rencana Pengamanan Jalur Mudik 2014 Polda Jabar Gelar Rakor
Jatinangorku.com – Menjelang libur Ramadan dan Idulfitri 1435 H, Polda Jawa Barat mulai mempersiapkan diri dengan menggelar rapat koordinasi (rakor) kesiapan pengamanan jalur mudik 2014. Rakor dilaksanakan di pos polisi Unit Lakalantas Cileunyi.

“Rakor ini digelar untuk menyusun kegiatan perencanaan dan pengorganisasian yang akan disusun dalam rencana Operasi Ketupat 2014,” ujar Wakapolda Jabar, Brigjen Pol. Rycko Amelza Dahniel, M.Si., kepada wartawan, Jumat (30/5).

Menurutnya, Polda Jabar tengah merancang segala bentuk kegiatan untuk pengamanan dan pengaturan lalu lintas.

“Saat ini perencanaan dan pengorganisasian sudah masuk pada tahap akhir. Tadi (kemarin, red) sudah kami lihat sendiri proses perencanaan dan pengorganisasian itu dilakukan,” kata Rycko.

Pemeriksaan jalur yang dilakukannya secara langsung, kata Rycko, untuk memastikan kesiapan para personel yang terlibat dalam pengamanan dan pengaturan lalu lintas.

“Kami akan mengecek apakah perencanaan dan pengorganisasian itu sudah sesuai dengan fakta di lapangan atau belum,” ungkapnya.

Dikatakannya, dalam Operasi Ketupat 2014, Polda Jabar siap menurunkan dua pertiga kekuatan atau sekitar 20 ribu personel. Ia menilai, tantangan pengamanan arus mudik tahun ini cukup berat karena bersamaan dengan pengamanan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014.

“Persiapan secara umum arus mudik dan balik yaitu menyiapkan tiga lintasan yakni jalur utara, tengah, dan selatan, ditambah jalan tol. Total ada 902 kilometer, belum termasuk jalan alternatif,” terangnya.

Jalur artenatif, imbuhnya, masih menjadi tanggung jawab petugas kepolisian. Pihaknya akan memastikan arus lalu lintas tetap lancar bagi seluruh warga yang mudik. Keamanan dan keselamatan harus tetap diutamakan.

“Kami juga akan mendapat bantuan sekitar 2 ribu personel dari Mabes Polri. Kami akan melakukan pagar betis di seluruh titik kemacetan dan rawan kecelakaan. Selain itu kami pun akan dibantu TNI, pemerintah daerah, dan organisasi kepemudaan untuk kelancaran arus mudik dan balik,” jelasnya.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/