Persiapkan Tenaga Kependidikan Menjadi Tenaga Fungsional, Unpad Bentuk Forum Jabatan Fungsional

by -59 views

Peran Tenaga Fungsional dalam mendukung Universitas Padjadjaran mencapai sasaran strategis intitusi diharapkan dapat terus ditingkatkan. Tenaga fungsional pun ditantang untuk selalu adaptif dalam kondisi organisasi yang sedang berlangsung.

“PTN BH merupakan peluang bagi para Tenaga Fungsional untuk jauh lebih berperan, terlibat di dalam institusi agar sasaran strategis dapat tercapai lebih efektif dan efisien,” kata Sekretaris Direktorat Sumber Daya Manusia Arif Firmansyah, S.Si., MT. dalam Workshop Pembentukan Forum Jabatan Fungsional Unpad di Bale Sawala, Gedung Rektorat Unpad kampus Jatinangor, Selasa (28/02).

Kepada para tenaga fungsional, Arif pun menekankan bahwa tenaga fungsional ditantang  untuk mengembangkan diri agar nilai RESPECT dapat tercermin dalam setiap pelaksanaan program kerja, baik di universitas maupun unit kerja mmasing-masing.

Menurut Arif, tenaga fungsional memiliki peran dalam menyukseskan program kerja institusi. Salah satu contohnya, yaitu dalam menyiapkan fungsi kerja yang mampu menjembatani kekakuan administrasi dan birokrasi ke dalam pekerjaan yang bersifat keahlian.

“Diharapkan tenaga fungsional dapat ikut andil dalam memberikan program dan solusi. Tidak hanya fokus bagaimana meningkatkan Kum (angka kredit). Kalau bisa Kum itu jadi dampak, yang penting bagaimana bisa memajukan unit kerja dan Unpad. Kum itu jadi dampak, ketika memajukan Unpad, otomatis Kum terbawa,” ujar Arif.
Dalam kesempatan tersebut, telah terbentuk Forum Jabatan Fungsional Unpad yang beranggotakan para Tenaga Fungsional di Lingkungan Universitas Padjadjaran. Diungkapkan Arif, forum ini dibentuk untuk mempersiapkan proses transisi tenaga kependidikan Unpad untuk menjadi tenaga fungsional.  Selain itu, diharapkan dapat terbentuk peraturan-peraturan yang lebih adaptif terkait jabatan fungsional di Unpad.

“Forum Jabatan Fungsional dibentuk dengan harapan ada komunikasi, bagaimana strategi jabatan fungsional kedepan, karena tantangannya cukup besar. Sebagai contoh, kita jumlah SDM cukup besar, tetapi  Unpad memutuskan untuk mulai mengadaptasi jabatan fungsional secara penuh,” kata Arif.

Kedepannya, sejumlah kegiatan yang akan digelar oleh forum ini antara lain menggelar sejumlah workshop penyusunan peraturan dan ikut terlibat dalam rencana pengembangan sumber daya manusia seperti membuat peta kebutuhan SDM, analisis jabatan, dan analisis beban kinerja.