Perusahaan Pindah Lokasi Buruh Terancam Menganggur

by -57 views

Perusahaan Pindah Lokasi Buruh Terancam Menganggur

Jatinangorku.com – Ribuan buruh di wilayah timur Kabupaten Bandung terancam menganggur akibat terjadi pemutusan hubungan kerja (PHK). Sejumlah perusahaan Bandung Timur sudah membidik pengembangan usaha industri dan garmen di wilayah lain.

“Saat ini sudah ada perusahaan di wilayah timur Kab. Bandung yang akan memindahkan mesin garmen ke Majalengka,” kata aktivis perburuhan di timur Kab. Bandung, Eko Prasetyo kepada “GM” di Rancaekek, Selasa (6/5).

Menurutnya, jika para pengusaha mengalihkan atau memindahkan mesin garmen ke Majalengka, maka secara otomatis akan ada pengurangan tenaga kerja.

“Kalau ada pengalihan mesin garmen ke Majalengka, maka akan timbul pengangguran,” katanya.

Dikatakan, rencana hengkangnya para pengusaha garmen ke Majalengka menimbulkan keresahan di kalangan para pekerja dan harus segera diantisipasi oleh sejumlah pihak. Pemerintah juga harus ancang-ancang agar para pengusaha garmen tidak beramai-ramai hengkang ke Majalengka.

“Minimal pemerintah bisa mencegah para pengusaha untuk tetap menjalankan usahanya di Kab. Bandung. Intinya, maju mundurnya perusahaan garmen tetap bertahan di Kab. Bandung,” katanya.

Eko menduga hengkangnya para pengusaha ke Majalengka karena upah minimum kabupaten (UMK) Majalengka lebih rendah dari Kab. Bandung. Sehingga, mereka menganggap biaya perusahaan akan relatif lebih murah.

“Bahkan ada info, ada yang sudah membangun dan membuka usahanya di Majalengka,” katanya.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/