Petani Sumedang Gagal Panen Lahannya Tertimbun Longsor

by -10 views

Petani Sumedang Gagal Panen Lahannya Tertimbun Longsor

Jatinangorku.com – Petani di kaki Gunung Lingga, Desa Cinangsi, Kecamatan Cisitu gagal panen. Pasalnya areal sawah di blok Pasirjambe milik sekitar 33 petani tertimbun longsor padahal padi disana tinggal satu bulan lagi dipanen.

“Longsor terjadi karena intesitas hujan yang tinggi. Di blok Pasirjambe memang kerap longsor kalau curah hujan tinggi setiap tahunnya tapi tahun ini paling parah,” kata Eman, Sekretaris Desa Cinangsi, kemarin.

Longsoran tidak hanya terjadi pada areal sawah tapi terjadi di daratan sekitar sawah. Kawasan lereng Gunung Lingga ini memang termasuk darah yang pergerakan tanahnya sangat tinggi. Apalagi di areal itu banyak dijadikan sawah. Bahkan warga yang tinggal di Ciumpleng sejak lima tahun lalu banyak rumah yang ambruk karena pergerakan tanah dan masuk zona bencana.

“Akibat longsor itu ad ajuga saluran irigasi yang tertimbun longsor sehingga ada sawah di blok lain yang tak bisa diairi,” kata bebeberapa petani.
Para petani di kawasan ini berupaya gotong royong menyingkirkan material longsor dari saluran air. Bahkan ada juga yang mengolah kembai lahan sawah yang tertimbun longsor untuk dijadikan sawah lagi

Sumber : http://jabar.tribunnews.com/