Phobia pada Kucing

by -41 views

Phobia pada Kucing

Jatinangorku.com – Meski sebenarnya kucing adalah binatang yang lucu dan menggemaskankan. Tapi pada kenyataanya ada sebagian orang yang merasa takut pada kucing. Sebagian orang inilah yang mungkin mengalami Phobia Kucing (). Rasa takut yang dirasakan para penderita phobia kucing ini adalah benar-benar rasa takut yang tak beralasan bukan sekedar risih atau jijik untuk memegang kucing.

Dikalangan para penderita phobia kucing, binatang yang selalau menampilkan tampang polos ini akan tampak seperti binatang buas atau bahkan seperti monster yang siap menerkam mereka. Karena pada dasarnya pola pikir penderita phobia kucing selalu melipat gandakan setiap ketakutan yang ia rasakan saat melihat kucing sebagai objek ketakutannya.

Mungkin bagi orang-orang di sekitarnya adalah sebuah kelucuan ketika melihat orang yang menderita phobia kucing, tiba-tiba menjadi panic dan bahkan menjerit histeris ketika bertemu dengan hewan lucu ini. Dan karena hal-hal seperti inilah yang terkadang membuat para penderita phobia kucing menghindari objek-objek yang berhubungan dengan kucing bahkan bisa jadi menjaga jarak dari para individu-individu pemilik kucing.

Phobia kucing sebenarnya bukanlah gangguan jiwa yang berat. Namun jika sudah berakibat pada menurunnnya fungsi vital manusia, maka phobia kucing tidak bisa dianggap sebagai gangguan jiwa biyasa. Apabila phobia kucing berpengaruh terhadap fungsi social seseorang maka tak jarang phobia ini akan mengarah pada gangguan kejiwaan berat seperti depresi,psikosis,neurosis dan sebagainya. Bisa dibayangkan jika phobia ini membuat kehidupan seseorang menjadi terbatasi oleh ketakutan-ketakuatan yang telah terakumulasi secara terus menerus dalam benaknya.

Si penderita phobia kucing akan sulit bersosialisasi dengan lingkungan di sekitarnya karena lebih memilih untuk menghindar dari objek ketakutannya. Ia akan menjaga jarak dengan kerabat atau bahkan anggota keluarganya yang nyata-nyata menyukai bahkan memelihara kucing.

Seperti halnya penyebab umum phobia.Phobia kucing juga bisa dipicu oleh kejadian dimasa lalu seperti dicakar kucing saat balita, pernah digigit saat memberi makan kucing atau pernah dikerumuni kucing banyak sekali sehingga syok.
Salah satu cara mengatasi phobia kucing adalah dengan mengahadapi rasa takut itu sendiri. Dengan memutar pola piker tentang kucing untuk meminimalisir ketakutan. Kesan bahaya dari kucing kita gantikan dengan kesan lucu yang sering dilakukan kucing dengan tingkah polosnya. Meski tidak mudah, namun dengan bimbingan orang yang tepat phobia kucing ini bisa disembuhkan.

Sumber : http://mengatasiphobia.com